Penampakan Pusaran Aneh di Langit Hawaii Dikira UFO, Ternyata...

ADVERTISEMENT

Penampakan Pusaran Aneh di Langit Hawaii Dikira UFO, Ternyata...

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 23 Apr 2022 08:45 WIB
Penampakan pusaran aneh di langit Hawaii yang sempat dikira UFO
Penampakan Pusaran Aneh di Langit Hawaii Dikira UFO, Ternyata... Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Tim Teleskop Subaru di Mauna Kea, Hawaii biasanya disibukkan dengan penemuan di luar angkasa. Tapi akhir pekan lalu, mereka menemukan penampakan aneh di atas langit yang sempat dikira UFO.

Penampakan yang mirip seperti pusaran air di angkasa itu tertangkap kamera pada 17 April lalu. Video penampakan itu datang dari Subaru-Asahi Star Camera, proyek kolaborasi antara Teleskop Subaru dan koran Jepang Asahi Shimbun yang menampilkan livestream langit malam.

Penampakan pusaran tersebut muncul di video dari sisi kiri dan bergerak ke tengah layar sebelum perlahan menghilang di ufuk. Beberapa teleskop yang berada di fasilitas Observatorium Mauna Kea juga terlihat di video.

[Gambas:Youtube]



Dalam deskripsinya tim Teleskop Subaru sempat berkelakar akan merahasiakan asal-usul penampakan UFO tersebut, tapi mereka menjelaskan bahwa penampakan itu adalah bagian second stage dari roket Falcon 9 milik SpaceX yang sedang jatuh.

Penampakan tersebut memang muncul tidak lama setelah SpaceX meluncurkan satelit mata-mata milik U.S. National Reconnaisance Office dari Vandenberg Space Force Base di California pada 17 April 2022.

First stage roket Falcon 9 yang bisa dipakai lagi langsung kembali ke Bumi dan mendarat di kapal drone di Samudera Pasifik. Sementara second stage-nya terus terbang untuk membawa muatannya ke orbit.

Second stage ini sifatnya sekali pakai, dan setelah mengantarkan muatan ke lokasi tujuannya, second stage ini akan jatuh secara alami dan terbakar saat memasuki atmosfer Bumi.

Ilmuwan Marco Langbroek ikut membahas mengapa saat jatuh second stage itu terlihat seperti pusaran air. Ternyata bentuk spiral seperti itu sering terlihat ketika roket Falcon 9 mengeluarkan propelannya, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (23/4/2022).

Tim Teleskop Subaru mengatakan penampakan pusaran air seperti ini terbilang langka. Tapi mengingat SpaceX berencana meluncurkan puluhan misi tahun ini, sepertinya pemandangan unik seperti ini akan semakin sering muncul di langit.



Simak Video "SpaceX Dragon Elon Musk Tiba di Dermaga Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT