Gerhana Matahari Menakjubkan Kelihatan dari Mars, 40 Detik

Gerhana Matahari Menakjubkan Kelihatan dari Mars, 40 Detik

rns - detikInet
Jumat, 22 Apr 2022 07:48 WIB
Jakarta -

Ketika robot penjelajah Perseverance NASA mendarat di Mars pada Februari 2021, ia membawa kamera video definisi tinggi, lengkap dengan kemampuan zoom yang kuat. Berkat kamera ini, kita mendapat suguhan bermacam pemandangan menakjubkan dari si Planet Merah selama 14 bulan terakhir, termasuk gerhana Matahari.

Awal bulan ini operator Perseverance mengarahkan kamera Mastcam-Z-nya ke arah langit untuk menangkap Phobos, bulan Mars yang berbentuk mirip kentang, yang sedang transit di permukaan Matahari. Hasilnya, video berdurasi 40 detik yang spektakuler.

Phobos jauh lebih kecil dari Bulan Bumi, hanya berukuran sekitar 20 km, sehingga tidak membuat Mars menjadi gelap saat terjadi gerhana. Namun, dengan bulan yang tergores melawan Matahari, video tersebut mengungkapkan sifat medan Phobos yang tidak rata, lengkap dengan pegunungan dan bukit-bukit kecil. Pemandangan saat peristiwa ini juga menampilkan bintik Matahari di permukaan bintang kita tersebut.

NASA telah menangkap pemandangan Phobos yang terikat planet, dan bulan Mars yang bahkan lebih kecil, Deimos, sejak pendaratan rover Spirit dan Opportunity pada tahun 2004. Salah satunya, Curiosity menangkap transit Phobos ini pada tahun 2019.

"Saya tahu pemandangan ini akan menjadi bagus, tapi saya tidak menyangka gerhana ini akan menjadi luar biasa," kata Rachel Howson dari Malin Space Science Systems di San Diego, salah satu anggota tim Mastcam-Z yang mengoperasikan kamera.

Penasaran seperti apa pemandangan gerhana di Mars, kalian bisa lihat di video di bawah ini.

[Gambas:Youtube]




(rns/afr)