Dinosaurus 'Ber-armor' dari Asia Ditemukan, Tampilannya Mantap!

Dinosaurus 'Ber-armor' dari Asia Ditemukan, Tampilannya Mantap!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 19 Mar 2022 17:07 WIB
https://twitter.com/NHM_London/status/1503723351726084101
Dinosaurus 'Ber-armor' dari Asia Ditemukan, Tampilannya Ah Mantap! Foto: Yu Chen via IFL Science
Jakarta -

Spesies baru dinosaurus di temukan di Asia, tepatnya di China. Dinosaurus ini memiliki tampilan unik dengan duri tajam yang seakan siap menghunus lawan yang ingin menjatuhkannya.

Spesies yang diperkirakan ada pada 192-174 juta tahun lalu ini dinamakan Yuxisaurus Kopchicki. Penelitian soal dinosaurus tersebut pun sudah dipublikasikan di eLife oleh ilmuwan China, Amerika Serikat dan Natural History Museum, London.

Y. Kopchicki adalah spesies dinosaurus bertameng pertama yang ditemukan di Asia, bergabung menjadi anggota thyreophorans. Nama latin 'Yuxisaurus' yang merujuk ke Prefektur Yuxi di China, sedangkan 'Kopchicki' diambil dari ahli biologi molekuler Dr John J Kopchick sebagai pengakuan atas kontribusinya pada ilmu biologi.

Menurut Dr Shundong Bi, seorang profesor di Indiana University of Pennsylvania dan penulis senior di makalah itu, kemungkinan besar dinosaurus itu berkaki empat dan berjalan dengan empat kaki. Tetapi mungkin juga Y. Kopchicki bisa berjalan hanya dengan dua kaki.

Wawasan tentang anatomi dan perilaku dinosaurus tersebut diperoleh dari kerangka tidak lengkap yang terdiri dari sisa-sisa tengkorak, rahang, bahu, anggota badan, dan tulang belakang.

Penemuan ini mengikuti jejak Bashanosaurus primitivus, spesies stegosaurus baru yang diperkenalkan ke dunia awal bulan ini. Sama-sama berasal dari Asia, dinosaurus bertubuh kecil itu berjalan sekitar 160 juta tahun yang lalu dan mungkin mewakili stegosaurus tertua yang pernah diketahui.



Simak Video "Fosil Dinosaurus Karnivora Terbesar di Eropa Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)