Rusia Rilis Video "Bye Bye Stasiun Luar Angkasa", Beneran Nih?

Rusia Rilis Video "Bye Bye Stasiun Luar Angkasa", Beneran Nih?

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 08 Mar 2022 08:45 WIB
Penamapakan ISS
Foto: NASA
Jakarta -

Sebuah video aneh diposting oleh media yang dikontrol pemerintah Rusia RIA Novosti, memperlihatkan sejumlah kosmonaut (sebutan untuk astronaut Rusia) meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Video ini memunculkan spekulasi bahwa Rusia sedang sengaja memanas-manasi Amerika Serikat (AS).

NASA Watch, sebuah situs yang mengulas berita-berita tentang luar angkasa, men-tweet video tersebut seraya menyebutkan bahwa Kepala Badan Antariksa Rusia Roscosmos Dmitry Rogozin, sedang berupaya mengancam program ISS.





"RIA Novosti yang dikontrol pemerintah Rusia memposting video Roscosmos di Telegram memperlihatkan para kosmonaut mengucapkan selamat tinggal pada Mark Vande Hei (astronaut AS) di ISS, mereka pergi, kemudian segmen Rusia meluncur meninggalkan ISS. Rogozin jelas-jelas mengancam program ISS," tulis akun tersebut.

Bukan tanpa sebab, beberapa minggu lalu Rogozin mengancam akan menghancurkan AS dengan menjatuhkan puing-puing dari ISS yang tidak berfungsi dengan melepaskan segmen Rusia. Tidak jelas apakah Rogozin sedang mengancam akan menjatuhkan ISS ke atmosfer atau hanya menghapus bagian Rusia dan terbang sendiri.

Rusia juga sudah mengumumkan akan hengkang dari ISS. Roscosmos secara resmi menyatakan tidak akan lagi bekerja dengan mitra global untuk melakukan penelitian ilmiah di ISS.

ISS saat ini diawaki oleh kru yang terdiri dari personel Rusia, Amerika, dan Jerman. Namun konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung telah menciptakan keretakan serius antara Rusia dan negara-negara Barat terutama dengan AS.

Tak hanya itu, Rusia pun memutuskan untuk berhenti memasok mesin roket ke AS. Roscosmos juga akan menghentikan servis mesin roket yang sebelumnya dikirim ke AS. Hingga saat ini, AS masih memiliki 24 mesin dan Rusia berniat membiarkannya karena tidak mau lagi memberikan bantuan teknis kepada AS.



Simak Video "Melihat dari Udara Kota Borodyanka, Korban Pertempuran Rusia-Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)