Siapa yang Mau? NASA Bagi-bagi 'Tiket Gratis ke Bulan'

ADVERTISEMENT

Siapa yang Mau? NASA Bagi-bagi 'Tiket Gratis ke Bulan'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 07 Mar 2022 08:50 WIB
Rancangan gambar Roket SpaceX di Bulan untuk Misi Artemis 1 yang akan terbang 2024 membawa 2 astronaut, 1 adalah perempuan.
Siapa yang Mau? NASA Bagi-bagi 'Tiket Gratis ke Bulan'. Foto: (NASA)
Jakarta -

Pernah bermimpi untuk pergi ke luar angkasa dan melihat Bulan dari dekat? Nah, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menawarkan kesempatan emas untuk kalian wahai para penduduk Bumi.

Memang bukan mengajak raga kalian, melainkan hanya sebuah nama. Nanti nama itu yang akan ikut perjalanan pertama mengitari Bulan.

Ajakan NASA ini ditujukan kepada siapa saja yang ingin mengirim nama mereka. Nama-nama tersebut akan dikumpulkan NASA dalam bentuk flash drive, kemudian dibawa misi Artemis I, sebuah misi tak berawak.

Flash drive itu ditempatkan pada kapsul ruang angkasa Orion untuk terbang menuju satelit alami Bumi. Rencananya penerbangan misi Artemis I sejauh 280 ribu mil dari Kennedy Space Center, Florida, AS, menuju Bulan pada akhir tahun ini.

Bagi yang tertarik, NASA akan memberikan 'tiket gratis ke Bulan' kepada kalian, sebagaimana dikutip dari Mashable, Minggu (6/3/2022).

Untuk mendapatkan tiket tersebut, detikers cukup kunjungi situs NASA di link ini. Lalu, isi nama depan, nama akhir, dan kode pin berjumlah empat sampai tujuh digit. Bila sudah, klik 'submit'.

NASA menawarkan bagi para penduduk Bumi yang ingin mengirimkan nama untuk dibawa keliling Bulan melalui misi Artemis I.NASA menawarkan bagi para penduduk Bumi yang ingin mengirimkan nama untuk dibawa keliling Bulan melalui misi Artemis I. Foto: Screenshot

NASA memastikan pendaftaran 'tiket ke Bulan' ini sepenuhnya tidak dipungut biaya alias gratis. Selain mendapatkan boarding pass virtual, peserta juga akan menerima QR code sebagai akses tamu virtual dalam peluncuran NASA.

NASA mengatakan bahwa misi adalah ujian kemampuan eksplorasi luar angkasa mereka sebagai komitmen dan kemampuannya untuk memperluas keberadaan manusia ke Bulan dan seterusnya.

Program mengirimkan nama dalam misi luar angkasa ini bukan pertama kali dilakukan NASA. Sebelumnya, badan antariksa negeri Paman Sam itu pernah melakukannya pada 2017 lalu, membawa nama-nama manusia ke Planet Mars.

Bagi mereka yang telah mendaftar, NASA memberikan tiket seperti boarding pass virtual yang wujudnya layaknya sebuah tiket perjalanan transportasi udara.

Bagaimana detikers, apakah tertarik untuk dapat tiket ke Bulan yang sekarang ini?



Simak Video "NASA Bakal Bangun PLTN di Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT