5 Gunung Api Tertinggi di Dunia Ada di Negara-negara Ini

5 Gunung Api Tertinggi di Dunia Ada di Negara-negara Ini

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 14 Feb 2022 15:00 WIB
Gunung Nevado Ojos del Salado
Gunung Nevado Ojos del Salado. Foto: Wikipedia
Jakarta -

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia, hal itu dikarenakan letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh dua jalur pegunungan muda, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Tapi tahukah kalian, di mana gunung api tertinggi di dunia?

Setidaknya, ada lima gunung api yang disebut tertinggi di dunia di negara-negara ini, mengutip data di website Global Volcanism Program dari Smithsonian Institution, National Museum of Natural History.

#5 Gunung Coropuna

Coropuna adalah gunung berapi majemuk aktif yang terletak di pegunungan Andes di tenggara-tengah Peru. Bagian atas Coropuna terdiri dari beberapa puncak kerucut yang selalu tertutup salju, memberinya nama Nevado Coropuna dalam bahasa Spanyol. Gunung ini dianggap suci oleh suku Inca.

Kompleks pegunungan ini membentang di area seluas 240 kilometer persegi dan puncak tertingginya mencapai ketinggian 6.377 meter di atas permukaan laut. Coropuna juga gunung tertinggi ketiga di Peru.

Lapisan esnya yang tebal adalah yang terluas di zona tropis Bumi, dengan beberapa gletser keluar membentang ke ketinggian yang lebih rendah. Di bawah ketinggian 5.000 meter, terdapat berbagai sabuk vegetasi yang meliputi pohon, rawa gambut, erumputan dan juga area pertanian dan padang rumput .

#4 Gunung Nevado Incahuasi

Nevado Incahuasi adalah gunung vulkanik di Andes, Amerika Selatan, terletak di perbatasan Provinsi Catamarca Argentina dan Wilayah Atacama Chili. Incahuasi memiliki ketinggian puncak 6.638 meter di atas permukaan laut.

Gunung berapi ini terdiri dari kaldera selebar 3,5 kilometer dan dua stratovolcano. Empat kerucut piroklastik yang terletak 7 kilometer ke timur laut telah menghasilkan aliran lava basalt-andesit yang mencakup area seluas 10 kilometer persegi.

Selanjutnya: Gunung Api Ketiga, Kedua, dan Pertama Tertinggi di Dunia