Inovasi Tes PCR Secepat Kilat, Hasilnya Keluar 4 Menit

ADVERTISEMENT

Inovasi Tes PCR Secepat Kilat, Hasilnya Keluar 4 Menit

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 10 Feb 2022 05:40 WIB
Tarif Tes PCR saat ini diatur oleh Kementerian Kesehatan RI. Apakah biayanya mengalami penurunan? Bagaimana pula mekanisme pemeriksaannya?
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Ilmuwan China mengembangkan tes virus Corona baru yang seakurat tes laboratorium PCR. Alat ini diklaim cepat, tak perlu waktu lama. Hasilnya akan keluar dalam waktu empat menit saja.

Untuk diketahui, tes PCR secara luas dianggap paling akurat dan sensitif untuk virus penyebab COVID-19. Namun tes ini masih memakan waktu beberapa jam untuk mengetahui hasilnya.

Beberapa negara saat ini kewalahan dalam menghadapi permintaan tes COVID-19 yang berat, didorong oleh penyebaran eksplosif dari varian Omicron yang sangat mudah menular.

Maka, para peneliti dari Universitas Fudan di Shanghai, China, mengatakan mereka punya solusi. Dalam artikel peer-review yang diterbitkan Senin di jurnal Nature Biomedical Engineering, tim mengatakan sensor mereka, yang menggunakan mikroelektronika untuk menganalisis materi genetik dari penyeka yang dapat mengurangi kebutuhan tes laboratorium COVID-19 yang memakan waktu.

"Kami menerapkan biosensor elektromekanis untuk mendeteksi SARS-CoV-2 ke dalam perangkat prototipe terintegrasi dan portabel, dan menunjukkan bahwa itu terdeteksi (virus RNA) dalam waktu kurang dari empat menit," kata tim peneliti seperti dikutip dari Japan Times.

Para peneliti mengatakan metode mereka menawarkan kecepatan, kemudahan pengoperasian, sensitivitas tinggi dan portabilitas. Uji coba mereka melibatkan pengambilan sampel dari 33 orang di Shanghai yang terinfeksi virus Corona, dengan tes PCR dilakukan secara paralel.

Menurut penelitian tersebut, hasil dari metode mereka sangat cocok dengan tes PCR. Studi mereka melibatkan pengujian metode baru pada 54 sampel, termasuk orang dengan demam yang tidak memiliki virus Corona, mereka yang menderita influenza, dan sukarelawan yang sehat.

"Kasus-kasus itu tidak menghasilkan hasil positif palsu," kata tim tersebut.

Para peneliti Fudan mengatakan bahwa setelah dikembangkan, perangkat pengujian mereka dapat digunakan untuk pengujian cepat dalam berbagai situasi, termasuk bandara, fasilitas kesehatan dan bahkan di rumah.

Tes PCR tidak hanya butuh waktu lama, tetapi juga membutuhkan infrastruktur laboratorium yang terbatas di banyak negara, sehingga membebani jumlah kasus yang dapat ditangani setiap hari.

Meskipun tes diagnostik cepat kini telah banyak tersedia, umumnya tes tersebut terkadang masih kurang akurat.



Simak Video "200 Kasus Covid-19 'Ganas' di Beijing Teridentifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT