Mesti Tahu, Apa Itu Omicron BA.2, Varian COVID-19 Terbaru

Mesti Tahu, Apa Itu Omicron BA.2, Varian COVID-19 Terbaru

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 27 Jan 2022 16:32 WIB
Female doctor holds a face mask with - Omicron variant text on it. Covid-19 new variant - Omicron. Omicron variant of coronavirus. SARS-CoV-2 variant of concern
Apa Itu Omicron BA.2, Varian COVID-19 Terbaru. Foto: Getty Images/iStockphoto/golibtolibov
Jakarta -

Pandemi COVID-19 masih diisi dengan mutasi virus, terbaru adalah varian Omicron BA.2 yang dijuluki 'Son of Omicron'. Sebenarnya, apa itu Omicron BA.2 dan darimana asalnya? Sebab, virus ini sudah teridentifikasi di sejumlah negara Eropa hingga Asia.

Dirangkum detikINET, Kamis (27/1/2022) berikut adalah fakta terkait Omicron BA.2 yang sedang ramai diperbincangkan oleh warganet.

Apa itu Omicron BA.2?

Secara teknis, BA.2 adalah turunan dari varian omicron (BA.1) yang saat ini pun masih terus diteliti. Namun ada beberapa perbedaan salah satunya mutasi pada protein spike.

"Galur BA.2, yang berbeda dengan BA.1 di beberapa mutasi, termasuk protein spike, meningkat di banyak negara," tulis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di situs resminya.

Beberapa ilmuwan menjuluki varian BA.2 sebagai 'stealth Omicron' atau 'siluman Omicron'. Ini karena varian Omicron BA.2 memiliki sifat genetik yang membuatnya lebih sulit untuk diidentifikasi pada tes PCR.

Negara Mana Saja yang Sudah Ditemukan Kasus Omicron BA.2?

Varian BA.2 sudah diidentifikasi di negara-negara antara lain Kanada, Inggris, Denmark, Swedia, India, Singapura, hingga Amerika Serikat. Sudah ada tiga kasus varian BA.2 yang telah ditemukan di Amerika Serikat berdasarkan laporan Houston Methodist Hospital di Texas.

Apakah BA.2 Lebih Berbahaya dari Omicron BA.1?

Belum diketahui apakah varian BA.2 lebih berbahaya atau tidak dibandingkan varian Omicron BA.1, namun Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran menilai bahwa varian BA.2 kurang lebih memiliki karakteristik yang sama dengan Omicron.

"Pengamatan awal dari India dan Denmark menunjukkan tidak ada perbedaan dramatis dalam tingkat keparahan dibandingkan dengan BA.1 (Omicron). Data ini akan menjadi lebih solid (dengan satu atau lain cara) dalam beberapa minggu mendatang," tulis Ahli virologi Tom Peacock dari Imperial College London melalui akun Twitternya @PeacockFLU.

"Kemungkinan ada perbedaan minimal dalam efektivitas vaksin terhadap BA.1 dan BA.2. Secara pribadi, saya tidak yakin BA.2 akan berdampak besar pada gelombang pandemi Omicron saat ini," lanjutnya.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Tingkat Keparahan Subvarian Omicron BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)