Bill Gates Ungkap Kunci Ciptakan Dunia Tanpa Pandemi

Bill Gates Ungkap Kunci Ciptakan Dunia Tanpa Pandemi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 20 Jan 2022 18:05 WIB
FILE - In this Feb. 1, 2019, file photo, Bill Gates smiles while being interviewed in Kirkland, Wash. Washington states richest residents, including Gates and Jeff Bezos, would pay a wealth tax on certain financial assets worth more than $1 billion under a proposed bill whose sponsor says she is seeking a fair and equitable tax code. Under the bill, starting Jan. 1, 2022, for taxes due in 2023, a 1% tax would be levied not on income, but on
Bill Gates. Foto: AP/Elaine Thompson
Jakarta -

Bill Gates mengaku ingin memastikan bahwa di masa depan, tidak ada lagi pandemi yang menyusahkan seperti Corona. Lalu, apa kuncinya agar kondisi ideal semacam itu bisa tercapai?

"Melonjaknya Omicron adalah pengingat bahwa satu-satunya cara untuk menghilangkan ancaman COVID-19 adalah dengan melenyapkannya dari mana pin. Selama virus ini terus bersirkulasi di beberapa bagian dunia, kita akan selalu berada dalam risiko menghadapi varian merusak lainnya," tulis Gates dalam blognya.

Dengan kata lain, vaksin misalnya, harus tersedia secara merata di seluruh dunia sampai di negara termiskin. Untuk itu, Bill Gates melalui yayasannya mengucurkan dana segar USD 150 juta pada inisiatif Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).

CEPI berperan besar dalam penanggulangan pandemi Corona dengan berinvestasi pada beberapa vaksin yang di kemudian hari terbukti ampuh. Namun di masa depan, Bill Gates ingin lembaga ini berbuat lebih lagi sehingga dunia tak perlu menderita oleh pandemi.

"Menciptakan vaksin baru tidak cukup. Kita juga harus memastikan setiap orang bisa mengaksesnya dan itulah di mana dunia gagal dalam merespons COVID. Meski ada 9 miliar dosis disebarkan tahun silam, kurang dari 1% menyambangi warga di negara berpendapatan rendah," papar Bill Gates.

"Kita harus berbuat lebih baik untuk selanjutnya saat dunia menghadapi pathogen yang berpotensi memicu pandemi. Saya percaya bahwa dunia ini bisa dan harus siap mengembangkan vaksin baru dan menyediakannya untuk tiap orang dalam waktu 6 bulan setelah potensi pandemi terdeteksi," sebutnya.

Di situlah CEPI diharapkan berperan besar dari sisi koordinasi. Bill Gates pun membayangkan pandemi Corona mungkin takkan terjadi seandainya dunia lebih siap menghadapinya.

"Bayangkan betapa berbeda dua tahun terakhir ini jika setiap orang punya akses pada vaksin COVID yang aman dan efektif dalam 6 bulan. Kita punya peluang untuk memastikan dunia tak pernah lagi menghadapi penderitaan ini. Berinvestasi pada organisasi seperti CEPI adalah langkah penting yang membuat kita melangkah lebih dekat ke dunia tanpa pandemi," pungkas Bill Gates.



Simak Video "Bill Gates Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)