Indonesia Berburu Exoplanet, Alien dan UFO? Tanya Langsung Aja!

Eureka!

Indonesia Berburu Exoplanet, Alien dan UFO? Tanya Langsung Aja!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 13:30 WIB
Eureka! Indonesia Berburu Exoplanet dan Alien
Indonesia Berburu Exoplanet, Alien dan UFO? Tanya Langsung Aja! (Foto: Andika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Halo detikers yang selalu kepo untuk kebaikan, kami punya kabar bagus, nih! detikINET akan segera meluncurkan segmen tanya jawab langsung bersama pakar sains dalam program 'Eureka!' yang akan diadakan sekali setiap bulannya.

Nah, untuk edisi perdana, detikINET ingin membuka pertanyaan seputar 'Indonesia Berburu Exoplanet, Alien dan UFO'. Pokoknya, tema ini bakal bikin kamu KPO, alias kepo banget!

Pertanyaan kalian nantinya akan disodorkan kepada narasumber spesial yang kami hadirkan, yaitu pakar astronomi dan astrofisika legendaris Prof Dr Thomas Djamaluddin, MSc. Dia sempat menjabat sebagai Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), seorang ilmuwan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Kyoto University.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. Grandyos Zafna/detikcom.Thomas Djamaluddin. Grandyos Zafna/detikcom. Foto: Grandyos Zafna

Sebelumnya, Thomas Djamaluddin pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN dari tahun 2011.

Sosok Pak Thomas adalah ilmuwan yang sangat asik untuk diajak berdiskusi. detikINET pun pernah berbincang dengan Thomas Djamaluddin mengenai kemajuan terbaru Indonesia di ranah antariksa. Ia menyinggung soal teleskop 3,8m yang sedang dinantikan.

"Kalau nanti teleskop 3,8 m di Observatorium Nasional sudah operasional, bisa untuk digunakan untuk mencari exoplanet. Exoplanet adalah planet di luar tatasurya, yaitu planet yang mengorbit bintang di luar Matahari," jelas Thomas melalui pesan singkat.

Lalu, apakah Indonesia juga akan ikut serta mencari alien? Atau ingin mencoba memecahkan soal fenomena UFO di langit? Bagaimana dengan potensi Indonesia untuk menjadi astronaut di masa depan? Tanyakan langsung kepada Pak Thomas untuk menjawab rasa penasaran kamu.

Eureka! edisi perdana akan tayang di Youtube dan Facebook detikcom, kamu juga bisa menyaksikannya di detikINET. Catat untuk waktu dan tanggal, jangan lewatkan!

Eureka! Indonesia Berburu Exoplanet, Alien dan UFO
Waktu: Senin, 24 Januari 2022 pukul 19.00 WIB.

Sudah ada pertanyaan? Langsung tulis di kolom komentar, ya!



Simak Video "Eureka!: Indonesia Berburu Exoplanet dan Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)