Apakah Indonesia Juga Mencari Alien?

ADVERTISEMENT

Apakah Indonesia Juga Mencari Alien?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 31 Okt 2021 16:44 WIB
alien
Apakah Indonesia Juga Mencari Alien? Foto: Istimewa
Jakarta -

Negara lain sudah banyak yang melakukan pencarian keberadaan alien. Apakah Indonesia termasuk negara yang mencari keberadaan alien di luar Bumi?

Pertanyaan ini detikINET lontarkan kepada Thomas Djamaluddin Peneliti Astronomi-Astrofisika, di Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN). Menurutnya, mencari alien dalam bahasa astronominya adalah 'mencari exoplanet yang mirip dengan bumi yang dapat diduga ada kehidupan'.

"Kalau nanti teleskop 3,8 m di Observatorium Nasional sudah operasional, bisa untuk digunakan untuk mencari exoplanet. Exoplanet adalah planet di luar tatasurya, yaitu planet yang mengorbit bintang di luar Matahari," jelas Thomas melalui pesan singkat, Minggu (31/10/2021).

Karena itu 'pencarian alien' lebih tepatnya belum Indonesia mulai karena teleskop 3,8 meter yang belum beroperasional. Ditambah lagi, Thomas menuturkan mencari kehidupan cerdas tidak bisa dilakukan secara langsung dan konklusif.

"Sampai saat ini di seluruh dunia belum ada metode yang tepat untuk menemukannya. Pencarian gelombang radio non-alami dengan teleskop radio besar sampai saat ini belum ada hasil yang konklusif," katanya.

Sejauh ini, ilmuwan berusaha untuk menangkap sinyal dari radio yang diandalkan. Salah satu yang dianggap sebagai 'bukti' keberadaan ada yang lain selain kita di alam semesta adalah sinyal yang ditangkap awal Desember 2020 dari Proxima Centauri.

Proxima Centauri hanya berjarak 4,2 tahun cahaya dan menampung gas dan berbatu. Selain itu besarnya 17% lebih besar dari Bumi serta secara 'kebetulan' berada di zona layak huni bintangnya -- yang berarti ada air cair di sana.



Simak Video "China Klaim Terima Pesan Sinyal dari Alien, Terdeteksi Teleskop Sky Eye"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT