Elon Musk Sebut Semua Spesies Akan Punah Karena Hal Ini

Elon Musk Sebut Semua Spesies Akan Punah Karena Hal Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 19 Jan 2022 05:40 WIB
Elon Musk Zoom Bersama Anak
Elon Musk Sebut Semua Spesies Akan Punah Karena Hal Ini Foto: YouTube
Jakarta -

Elon Musk kembali memberikan ramalan masa depan Bumi yang mencekam. Dalam cuitan terbarunya di Twitter, CEO SpaceX ini mengatakan kalau semua spesies di Bumi akan punah akibat matahari yang terus mengembang, sehingga manusia harus mencari cara untuk hidup di planet lain.

"Ada 100% kemungkinan *semua* spesies akan punah karena matahari mengembang, kecuali manusia beralih ke kehidupan antar planet," kata Musk dalam cuitannya, seperti dikutip dari Interesting Engineering, Selasa (18/1/2022).

Cuitan Musk ini merupakan responsnya terhadap makalah yang diterbitkan di jurnal Biological Reviews berjudul 'The Sixth Mass Extinction: fact, fiction or speculation?'. Robert Cowie, salah satu penulis makalah tersebut, mengatakan hingga saat ini sudah ada lima kepunahan massal, dan yang keenam sudah dimulai.

Jika kelima kepunahan massal sebelumnya disebabkan oleh peristiwa alam, kepunahan massal keenam yang sedang berlangsung murni disebabkan oleh aktivitas manusia.

Makalah ini juga memperkirakan setidaknya 260.000 spesies sudah menghilang sejak tahun 1500, termasuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang seperti siput dan keong.

Sementara itu, ekspansi matahari yang ditakutkan oleh Musk juga merupakan hal yang pasti terjadi. Matahari memang akan terus mengembang jika kehabisan hidrogen untuk dibakar, dan ketika hidrogen ini habis matahari akan bisa melumat Bumi.

Jika ada perusahaan yang bisa membantu manusia untuk berpindah planet dan menghindari kepunahan massal, SpaceX tentu menjadi salah satunya. Tapi sejauh ini SpaceX sejauh ini belum memiliki rencana untuk menyelamatkan manusia dari ancaman tersebut.

Musk sebelumnya memang pernah berbicara tentang membangun 'bahtera' yang akan membawa manusia dan hewan-hewan di Bumi ke Mars. Namun, tentu saja sampai saat ini proyek Starship yang akan membawa astronaut ke Bulan dan Mars masih belum mengangkasa.

Selain itu, walaupun kekhawatiran Musk itu benar adanya, ekspansi dan ledakan matahari kemungkinan baru akan terjadi dalam lima miliar ke depan. Masih sangat jauh dibandingkan dengan kepunahan ribuan spesies yang terjadi semakin cepat saat ini.



Simak Video "Elon Musk Tunda Kesepakatan Beli Twitter, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)