Mengenal Teknologi Ion Plasmacluster AC Sharp YHY Series

Year in Review 2021

Mengenal Teknologi Ion Plasmacluster AC Sharp YHY Series

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Senin, 03 Jan 2022 13:12 WIB
Air Purifier Sharp
Foto: Sharp
Jakarta -

Sharp meluncurkan satu seri terbaru air conditioner (AC), yaitu YHY series dengan kapasitas 0,5 PK, 1 PK, dan 1,5 PK. Memiliki keunggulan dibanding seri basic, AC seri YHY memiliki sistem AIoT, yang dapat dioperasikan melalui aplikasi Sharp Air App.

Melalui fitur ini, konsumen dapat dengan mudah mengoperasikan AC kapan pun dan di mana pun. Semua informasi mengenai suhu udara dan kelembapan di ruangan pun dapat diketahui melalui aplikasi Sharp Air. Dibekali sensor gerak, AC ini juga dapat mengatur suhu ruangan sesuai dengan aktivitas orang, yang dideteksi dari pergerakan.

"AIoT merupakan perpaduan antara teknologi AI (Artificial Intelligence) dengan IoT (Internet of Things). Peralatan rumah tangga berteknologi AIoT terkoneksi dengan komputasi internet AI sehingga mampu terhubung dengan kehidupan Anda," jelas Sharp dikutip dari id.sharp, Senin (3/1/2022).

Selain fitur baru, AC YHY series dilengkapi kelebihan teknologi Plasmacluster. Melalui Plasmacluster Ion Generator, AC ini dapat mengeluarkan ion positif dan ion negatif guna memberikan ekstra manfaat, karena mampu menghambat pertumbuhan jamur.

Inovasi Sharp melalui teknologi Plasmacluster memang telah terbukti efektif dalam mencegah virus dan mikroba dan membuat udara lebih jernih dan sehat. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Hironori Yoshiyama dari Departemen Mikrobiologi, Fakultas

Kedokteran Universitas Shimane dan timnya, teknologi Plasmacluster terbukti mampu mengurangi infeksi virus COVID-19.

Sharp YHY seriesFoto: Sharp

Melalui penelitian ini, Sharp menunjukkan titer infeksi virus Corona, termasuk strain varian yang terkandung dalam air liur manusia dapat dikurangi lebih dari 99,4% dengan cara memaparkan Ion Plasmacluster selama dua jam pada tingkat kelembapan di kisaran 60%. Adapun angka ini merupakan kondisi yang direkomendasikan untuk melawan infeksi virus.

"Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terbukti jika efektifitas teknologi Plasmacluster diverifikasi dapat mengurangi titer infeksi penularan termasuk varian baru lebih dari 99,4%. Ke depannya Sharp akan terus berkontribusi kepada masyarakat dengan melakukan berbagai penelitian lanjutan yang mengenai efektivitas teknologi Plasmacluster," jelas keterangan resmi Sharp.

Selain mengurangi infeksi virus, teknologi Ion Plasmacluster milik Sharp juga berfungsi mengurangi polutan, bakteri, jamur, asap rokok, dan zat-zat berbahaya, termasuk bakteri yang menempel di baju, properti ruangan, hingga sudut ruangan.

Alhasil, udara yang dikeluarkan tidak hanya dingin, tapi sehat dan segar. Hingga saat ini, teknologi Ion Plasmacluster Sharp pun telah direkomendasikan oleh dokter untuk membantu mengurangi penyebaran virus di Jepang dan Korea.

Di samping teknologi Ion Plasmacluster, Sharp juga melengkapi AC seri YHY dengan sistem pendinginan Jetstream G7. Sistem ini mampu menyejukkan ruangan hingga 40 persen lebih cepat dari AC pada umumnya.

Canggihnya lagi, sistem Coanda Flow pada seri ini mampu mengembuskan aliran udara hingga 15 meter ke seluruh ruangan. Dilengkapi dengan panel panjang berganda, AC ini dapat menghasilkan aliran udara dingin yang kuat sehingga mampu menurunkan suhu udara sebanyak 5°C dalam waktu lima menit. AC Sharp juga dapat diatur hingga suhu 14°C hingga suhu terendah yang pernah ada untuk produsen AC.

Bagi konsumen yang ingin memiliki AC hemat listrik, AC seri YHY juga bisa jadi solusinya. Dirancang menggunakan teknologi J-tech Inverter, seri ini mampu menghemat daya hingga 65 persen dengan menggunakan Eco Function Mode sehingga akan membantu mengefisienkan penggunaan listrik dan mencegah ruangan terlalu dingin.



Simak Video "Year In Review 2021: Kilas Balik Penanganan COVID-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/fay)