Seram! Manusia Bisa Jadi Kanibal Jika Tinggal di Mars

Seram! Manusia Bisa Jadi Kanibal Jika Tinggal di Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 01 Jan 2022 19:30 WIB
Penasaran ingin merasakan seperti apa tinggal di Planet Mars? Di China dibangun sebuah markas yang menyerupai koloni di Planet Merah tersebut. Yuk lihat.
Ilustrasi koloni di Mars. Foto: Reuters
Jakarta -

Membangun koloni manusia di planet Mars atau misalnya di bulan Saturnus, Titan, yang banyak mengandung air, jelas perkara sulit. Bahkan tak menutup kemungkinan manusia di sana bisa menjadi kanibal dan memakan satu sama lain. Kenapa demikian?

Charles Cockell selaku profesor biologi di Edinburgh University, Skotlandia, menyatakan bahwa koloni itu tentu perlu menanam tanaman untuk makan. Nah seandainya sistem pertanian itu gagal dan tidak ada makanan yang tersedia, akibatnya bisa runyam.

Umpama pertanian itu tak membuahkan hasil dan suplai dari Bumi terlambat, bisa jadi mereka akan melakukan segala cara untuk makan termasuk kanibal. Hal itu pernah terjadi di Bumi, misalnya eksplorasi Sir John Franklin di Arktik pada tahun 1845.

"Kru Franklin mencoba menjelajahnya dengan kapal di akhir abad ke-19, mereka kehilangan teknologi tercanggih yang ada saat itu. Mereka punya makanan kaleng, teknologi baru waktu itu, tapi mereka terdampar dan akhirnya menjadi kanibal," paparnya.

"Jika Anda menempatkan sekelompok orang di antariksa dan terjadi sesuatu yang salah, tanamannya rusak, mereka akan memakan satu sama lain jika tidak ada cara lain untuk bertahan," demikian opininya.

Hal itu memang sangat menyeramkan tapi sekaligus bisa jadi peringatan. Maka nanti jika benar manusia tinggal di luar angkasa seperti di Mars, harus dipastikan bahan pangan memadai dan sistemnya bagus serta ada rencana cadangan jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

"Jika Anda akan melemparkan 20 orang ribuan kilometer jauhnya dari Bumi di lingkungan yang ganas, Anda harus memastikan semuanya berjalan dengan baik atau akan jadi runtuh semuanya," tandasnya.



Simak Video "Misi Terbaru NASA Terbangkan 2 Astronaut ke Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)