Ini Dia Cara Pipis di Luar Angkasa Ala Miliarder Jepang

ADVERTISEMENT

Ini Dia Cara Pipis di Luar Angkasa Ala Miliarder Jepang

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 12:24 WIB
Space flight participant Yusaku Maezawa attends a training session ahead of the expedition to the International Space Station at the Gagarin Cosmonauts Training Center in Star City outside Moscow, Russia, Thursday, Oct. 14, 2021. A Japanese fashion tycoon whos booked a SpaceX ride to the moon is going to try out the International Space Station first. Yusaku Maezawa announced that hes bought two seats on a Russian Soyuz capsule. Hell blast off in December on the 12-day mission with his production assistant and a professional cosmonaut. (Shamil Zhumatov/Pool Photo via AP)
Yusaku Maezawa, miliarder Jepang yang liburan ke luar angkasa (Foto: AP/Shamil Zhumatov)
Jakarta -

Ketika di luar angkasa, bagaimana cara manusia kencing dan BAB? Miliarder Jepang memberi tahu caranya.

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa sudah pulang ke Bumi usai liburan 12 hari di luar angkasa. Dia wisata luar angkasa naik roket Soyuz milik Roscosmos, Badan Antariksa Rusia.

Maezawa menghabiskan selama 12 hari dan menginap di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kisah-kisah perjalanan Maezawa sebelum berangkat wisata luar angkasa hingga hidup selama 12 hari di sana telah diunggah di saluran YouTube miliknya.

Rata-rata kontennya sederhana tapi bisa jadi menjawab segala pertanyaan tentang hidup di antariksa. Misalnya, minum di luar angkasa, membuat musik, cara sikat gigi, hingga bermain dengan gaya gravitasi nol.

Untuk membuat konten Youtube, dia dibantu asistennya Yozo Hirano dan didampingi kosmonaut Alexander Misurkin. Salah satu konten unik untuk 1 juta subscriber YouTube-nya adalah cara kencing di luar angkasa.

Tentu ini jadi pertanyaan banyak orang juga, bagaimana cara kencing dan BAB di luar angkasa. Seperti dilihat dari YouTube-nya, dia menunjukkan toilet milik ISS.

Untuk kencing, ada selang dengan corong yang memiliki kekuatan vakum. Kata Maezawa, kita harus mengaitkan kaki ke railing di lantai supaya tubuh ajeg dan tidak melayang.

Lalu, kita buka menyalakan vakum pada selang, buka tutup selang, lalu masukan alat kelamin ke dalam selang vakum dan kencinglah. Urine kita akan langsung disedot vakum tersebut. Setelah kencing, bersihkan selang dengan tisu basah yang tersedia. Pasang lagi tutup selang, baru terakhir matikan vakumnya.

Untuk BAB, ada toilet duduk yang ukurannya kecil sekali. Pas untuk pantat saja. Lubang toilet juga memakai teknologi vakum dan dilapisi plastik untuk membuang tinja. Usai BAB, kupas plastiknya dan biarkan mesin vakum menyedot tinja yang sudah terbungkus plastik. Bersihkan toiletnya dengan tisu basah, baru matikan vakumnya.

"Ingat, matikan vakum itu terakhir, setelah semua proses selesai. Kalau urutannya salah, aroma bau akan menyebar kemana-mana," kata Maezawa.

Maezawa sudah pulang ke Bumi pada Minggu (19/12) dan mendarat di Kazakhstan. Sudah tidak penasaran kan, bagaimana cara kencing di luar angkasa? Video-video pengalaman Yusaku Maezawa bisa ditonton di Youtube-nya seperti di bawah ini:

[Gambas:Youtube]



(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT