Penampakan Ikan Aneh yang Kepalanya Tembus Pandang

Penampakan Ikan Aneh yang Kepalanya Tembus Pandang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 12 Des 2021 18:00 WIB
Barreley fish
Ikan kepala tembus pandang tertangkap kamera. Foto: Mbari
Jakarta -

Ada berbagai macam ikan aneh atau unik di dasar lautan yang jarang terekspos. Salah satunya ikan ini di mana bagian kepalanya transparan. Seperti apa?

Ikan itu terkadang menampakkan diri di perairan dalam di area California, walau sangat jarang. Disebut sebagai barreley fish, ia terekam perangkat bawah lautan yang dioperasikan oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI).

"Kendaraan remote MBARI ini telah sukses menyelam sebanyak 5.600 kali dan merekam lebih dari 27.600 jam video, namun kami baru berpapasan dengan ikan ini sebanyak sembilan kali," demikian deskripsi dalam videonya.

Ikan ini di bagian wajahnya tampak ada dua mata, akan tetapi sebenarnya, matanya berada di bagian atas kepalanya yang tembus pandang. Mata itu menyala kehijauan yang semakin mempertegas keunikannya.

Rupanya mata barreley fish berada di posisi tersebut agar ia dapat leluasa melihat makanan yang berada di atas kepalanya, karena habitatnya berada di laut yang sangat dalam.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, ikan aneh ini pertama kali terdeteksi pada tahun 1939. Bagian kepalanya yang tembus pandang dan menyala itu kontras dengan tubuhnya yang berwarna gelap.

Menurut pakar evolusi, sang ikan mengembangkan penglihatan yang kuat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya yang keras, di mana sinar Matahari pun tidak dapat menjangkau area itu.

Matanya mirip-mirip dengan mata hewan yang habitatnya di area lautan dalam, dengan lensa besar dan retina berlapis, sehingga memungkinkan mereka mendeteksi cahaya secara maksimum.

Dalam riset ilmuwan di tahun 2019, diketahui bahwa ikan itu bisa berotasi sehingga selain untuk melihat ke depan, bisa pula melihat ke atas. Karena jarang dijumpai, tampaknya masih banyak misteri mengenai ikan aneh ini yang belum terungkap.



Simak Video "Geger Ikan Berkepala Satu-Badan Dua di Bandung, Ini Wujudnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/vmp)