Ilmuwan: Mungkin Ada Banyak Manusia Lain di Alam Semesta

Ilmuwan: Mungkin Ada Banyak Manusia Lain di Alam Semesta

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 18:10 WIB
Planet mengerikan di luar angkasa
Ilustrasi exoplanet. Foto: NASA/JPL-Caltech
Jakarta -

Bayangkan pada suatu saat, manusia mampu menyambangi dunia lain dan di sana, mereka menjumpai makhluk yang ternyata juga manusia. Teori semacam itu menurut ilmuwan ini mungkin saja terjadi.

Simon Conway Morris selaku pakar evolusi dari University of Cambridge menyatakan dia cukup percaya bahwa di planet lain mungkin juga terjadi evolusi seperti di Bumi. Maka dengan demikian, barangkali muncul juga makhluk seperti manusia.

"Bisa dikatakan dengan kepercayaan diri yang cukup bahwa kemungkinan terjadinya sesuatu yang sejalan dengan bagaimana manusia berevolusi adalah cukup tinggi," kata dia seperti dikutip detikINET dari BBC, Selasa (23/11/2021).

"Jumlah planet potensial yang saat ini eksis, bahkan meskipun hanya terjadi satu kali dalam seratus, masih saja berujung pada munculnya makhluk pintar yang tersebar di mana-mana, yang barangkali mirip dengan kita manusia," demikian paparnya.

Dengan kata lain, evolusi adalah hukum alam sehingga evolusi yang terjadi di Bumi dapat juga muncul dengan cara yang sama di planet lain. Dengan demikian, tak menutup kemungkinan ada banyak manusia lain di alam semesta walau saat ini masih sebatas teori.

Pendapat serupa pernah dikemukakan oleh Arik Kershenbaum, seorang pakar makhluk hidup. Menurutnya jika evolusi adalah mekanisme untuk kehidupan, maka bisa jadi tidak hanya muncul di Bumi.

"Karena evolusi adalah mekanisme untuk menjelaskan kehidupan di mana-mana, maka prinsip yang kita ketahui terjadi di Bumi bisa juga diaplikasikan di seluruh alam semesta," begitu teori yang ia kemukakan.

"Peradaban alien sebelum adanya teknologi bisa saja bernyanyi, menari dan mendongeng seperti halnya manusia di zaman dahulu kala karena mereka menuju ke arah yang sama," sebutnya lagi.



Simak Video "Ilmuwan Perkirakan Alien Bisa Temukan Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)