Dituduh Pakai Steroid, Ternyata Testosteron Idol Korea Ini di Atas Normal!

Dituduh Pakai Steroid, Ternyata Testosteron Idol Korea Ini di Atas Normal!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 18 Nov 2021 22:33 WIB
Binaragawan Greg Doucette Tuduh Otot Jongkook Hasil Suntik Steroid
Kim JongkKook. Foto: dok. YouTube Greg Doucette
Jakarta -

Idol Korea Selatan Kim JongKook diisukan memakai steroid untuk badannya yang besar. Ternyata terungkap kadar testosteronnya di atas normal. Kim JongKook dikenal sebagai penyanyi dan pengisi acara Running Man.

Melansir Korea Herald, Kamis (18/11/2021) Kim nyatanya memang memiliki tingkat testosteron yang terkenal tinggi. Dalam acara SBS, terungkap bahwa total testosteron Kim adalah 9,24 nanogram per mililiter, yang dianggap sangat tinggi untuk pria seusianya yakni 42 pada saat itu. Angka rata-rata untuk seorang pria adalah 2,7-10,7 ng per mL, menurut Severance Hospital di Seoul. Tetapi, angka ini akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun dengan Kim yang masih memiliki angka setinggi itu, ini adalah hal yang mengejutkan.

Dalam sebuah video yang diunggah Kim ke saluran YouTube-nya pada baru-baru ini, tes darah di rumah sakit setempat menemukan kadar testosteron total Kim menjadi 8,38 nanogram. Angka ini lebih rendah dari tiga tahun lalu, tetapi masih sangat tinggi untuk usianya.

Meskipun disampaikan bahwa tubuh Kim penuh dengan hormon laki-laki, perselisihan mengenai dari mana asalnya masih banyak dibahas. Salah satu yang paling curiga yaitu seorang YouTuber kebugaran bernama Greg Doucette. Ia menyebut badan kekar Kim JongKook kemungkinan tidak 'alami' walaupun berolahraga keras untuk membangun tubuhnya.

"Apakah dia alami? Tentu saja tidak!" kata Doucette dalam videonya. Dia menambahkan bahwa dia pikir Kim tidak mungkin menggunakan obat peningkat kinerja seperti steroid anabolik, melainkan terapi penggantian hormon seperti Doucette sendiri. HRT telah terbukti efektif dalam membalikkan efek penuaan pada otot.

Kim sebenarnya sudah mengatakan tanpa ragu untuk bersedia menjalani tes apapun untuk membuktikan apakah ia menggunakan obat atau tidak. Dia saat ini dikabarkan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukannya.

Meskipun begitu, Kim mengatakan tidak begitu ambil pusing dengan komentar orang-orang tentang hasil tes testosteron yang menunjukkan angka luar biasa tinggi. Lagipula, orang akan percaya dengan apa yang ingin mereka percayai.



Simak Video "Kim Jong Kook 'Running Man' Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)