Jeff Bezos: Orang Akan Tinggal di Luar Angkasa, Wisatanya ke Bumi

Jeff Bezos: Orang Akan Tinggal di Luar Angkasa, Wisatanya ke Bumi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 13 Nov 2021 18:30 WIB
Sosok Jeff Bezos jadi sorotan. Pasalnya pendiri Amazon sekaligus salah satu orang terkaya dunia itu dikabarkan berinvestasi di startup e-commerce Indonesia, Ula
Prediksi Jeff Bezos: Orang Akan Tinggal di Luar Angkasa, Wisatanya ke Bumi Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Jakarta -

Membangun koloni manusia di luar angkasa atau planet lain sudah menjadi mimpi beberapa miliarder teknologi. Termasuk Jeff Bezos, mantan CEO Amazon yang kini mengurusi perusahaan antariksa Blue Origin.

Saat berbicara di 2021 Ignatius Forum, Bezos mengungkapkan visinya tentang kehidupan di masa depan. Ia memprediksi manusia akan tinggal di koloni luar angkasa dan mengunjungi Bumi hanya untuk jalan-jalan.

Koloni luar angkasa yang dimaksud Bezos adalah habitat mengambang yang memiliki gravitasi dan cuaca seperti di Bumi. Koloni ini juga memiliki sungai dan hutan serta bisa menampung satu juta orang.

"Selama beberapa abad, banyak orang yang akan lahir di luar angkasa. Itu akan menjadi rumah pertama mereka," kata Bezos, seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (13/11/2021).

"Mereka akan lahir di koloni ini, tinggal di koloni ini. Kemudian, mereka akan mengunjungi Bumi seperti saat Anda mengunjungi Taman Nasional Yellowstone," sambungnya.

Ide Bezos untuk membangun koloni luar angkasa sebenarnya pernah ia utarakan saat menyampaikan pidato kelulusan dari SMA. Menurut pria berusia 57 tahun itu, koloni luar angkasa merupakan opsi yang lebih baik ketimbang membangun kehidupan di planet lain.

Konsep kehidupan di luar angkasa yang disampaikan Bezos berbeda dengan visi yang dimiliki rekan miliarder dan kompetitornya, Elon Musk. Ambisi Musk dan perusahaannya SpaceX adalah membangun koloni manusia baru di Mars.

Caranya adalah dengan terraforming, atau mengubah permukaan Mars menggunakan senjata nuklir agar bisa aman untuk dihuni oleh manusia. Bezos kemudian menyindir metode ini.

"Bahkan jika kalian mampu terraform Mars atau melakukan hal yang sangat dramatis seperti itu -- yang ngomong-ngomong sangat-sangat menantang -- bahkan jika kalian melakukan itu, paling banter itu hanya menggandakan Bumi," kata Bezos.

Musk juga pernah menyindir konsep koloni mengambang yang diutarakan Bezos. Pada tahun 2019, ia mencuit kalau rencana seperti itu tidak akan berhasil karena harus memindahkan massa dari planet, bulan, atau asteroid dalam jumlah besar.

"Akan sama seperti mencoba membangun Amerika Serikat di tengah Samudera Atlantik,"kata Musk saat itu.



Simak Video "Blue Origin Kembangkan Stasiun Luar Angkasa Baru untuk Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)