Fenomena Astronomi November: Hujan Meteor, Gerhana Bulan, dan Nadir Ka'bah

Fenomena Astronomi November: Hujan Meteor, Gerhana Bulan, dan Nadir Ka'bah

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 04 Nov 2021 22:35 WIB
Wabah virus Corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3) waktu setempat usai Salat Ashar untuk disterilkan antisipasi penyebaran virus tersebut.
Fenomena Astronomi November: Bertabur Hujan Meteor, Gerhana Bulan Sebagian, dan Nadir Ka'bah. Foto: dok. Haramain Info
Jakarta -

Berdasarkan kalender astronomi bulan November yang dirilis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), ada beberapa fenomena langit yang layak ditunggu.

Bulan November bertabur hujan meteor dan ada beberapa fenomena menarik lainnya. Berikut ini rangkumannya seperti dikutip detikINET dari situs Edukasi Sains LAPAN.

3 November - Tengah Hari Lebih Cepat dalam Setahun

Rabu 3 November 2021 ada fenomena unik yaitu tengah hari lebih cepat dalam setahun. Rupanya fenomena ini terjadi setiap tahun pada tanggal 3 November.

Fenomena ini terjadi dikarenakan nilai perata waktu yang lebih besar sehingga Matahari akan transit lebih cepat dibandingkan dengan hari-hari biasanya dalam setahun.

5-6 November - Puncak Hujan Meteor Taurid Selatan

Hujan meteor ini aktif sejak 25 September hingga 25 November dan intensitas maksimumnya terjadi pada 6 November 10.35 WIB/11.35 WITA/12.35 WIT. Hujan meteor Taurid Selatan berasal dari sisa debu komet Encke yang mengorbit Matahari dengan periode 3,3 tahun.

9-10 November - Puncak Hujan Meteor Andromedid

Andromedid adalah hujan meteor yang titik radiannya berada di dekat konstelasi Andromeda dan bersumber dari sisa debu komet 3D/Biela. Hujan meteor ini aktif sejak 25 September hingga 6 Desember mendatang dan intensitas maksimumnya terjadi pada 9 November pukul 08.45 WIB/09.45 WITA/10.45 WIT.

12-13 November - Puncak Hujan Meteor Taurid Utara

Hujan Meteor Taurid Utara adalah hujan meteor yang titik radiannya (titik asal muncul meteor-nya) berada di konstelasi Taurus bagian utara dekat gugus Pleiades. Hujan meteor ini aktif sejak 25 September hingga 25 November dan intensitas maksimumnya terjadi pada 13 November pukul 07.25 WIB/08.25 WITA/09.25 WIT.

Selanjutnya: Hujan Meteor Leonid, Gerhana Bulan, Nadir Ka'bah