Wah, Kayu Bisa Dibikin Jadi Sekeras Baja

Wah, Kayu Bisa Dibikin Jadi Sekeras Baja

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 01 Nov 2021 07:47 WIB
Hardened Wood
Foto: Techspot
Jakarta -

Peneliti di Universitas Maryland, Amerika Serikat, menemukan cara untuk membuat kayu menjadi sekeras baja. Wah, kok bisa?

Kayu yang dinamai Hardened Wood (HW) ini bisa menjadi alternatif dari baja, harganya lebih murah dan lebih ramah lingkungan.

Dalam jurnal ilmiah bernama Matter dan beberapa video di YouTube para peneliti itu mengungkap kalau dengan teknik tersebut bisa dibuat pisau kayu yang tiga kali lebih tajam dibanding pisau berbahan metal dan bisa memotong daging dengan mudah, serta paku berbahan kayu yang bisa dipalu ke tiga lapis papan kayu solid.

Dan karena dibuat dari bahan kayu, tentu pisau dan paku ini tidak bisa berkarat, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (1/11/2021).

Cara pembuatan kayu yang sekeras baja ini adalah dengan menghilangkan sejumlah elemen dari kayu dengan menggunakan bahan kimia, yang dilanjutkan dengan meningkatkan kepadatan kayunya. Para peneliti itu mengklaim bisa meningkatkan kekerasan kayu sampai 23 kali lipat.

Penulis hasil penelitian itu adalah Teng Li, yang menjelaskan kalau kayu terbuat mempunyai kandungan selulosa di dalamnya. Nah selulosa ini rasio kepadatan ke kekerasannya sebenarnya lebih tinggi dari keramik, metal, ataupun polimer.

Namun masalahnya adalah kandungan selulosa itu hanya sekitar setengah dari keseluruhan kayu. Sementara sisanya itu adalah material yang lebih lemah, seperti hemicellulose dan lignin.

Jadi dalam proses pengerasannya itu bahan-bahan yang lemah itu dibuang. Contohnya lignin yang dibuang lewat proses delignification, dan kemudian kayu dipres untuk menghilangkan air di kandungannya.

Setelah itu kayu bisa dibentuk menjadi bentuk apa pun. Kemudian akhirnya bisa diproses menggunakan minyak mineral untuk mengurangi penyerapan air, yang bertujuan untuk memperpanjang masa pakai kayu tersebut.



Simak Video "Remaja Asal Mesir Punya Ide Brilian Ciptakan 'Metaverse'"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)