Ngeri! Robot Anjing Kini Dipersenjatai, Jadi Ingat Terminator

Ngeri! Robot Anjing Kini Dipersenjatai, Jadi Ingat Terminator

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 16 Okt 2021 22:10 WIB
Robot anjing bersenjata api
Robot anjing bersenjata api (Foto: Sword International)
Jakarta -

Robot berkaki empat atau kadang disebut robot anjing sudah makin banyak digunakan dan membantu pekerjaan manusia. Ia mampu menjelajah tempat-tempat yang sulit dan membawa barang berat. Akan tetapi ada kemampuan barunya yang dipandang menggelisahkan, yaitu dipasang senjata api yang mematikan.

Robot anjing bersenjata ini basisnya adalah adalah robot anjing bernama Vision 60 buatan perusahaan Amerika Serikat, Ghost Robotics. Nah, senjatanya dipasang oleh perusahaan spesialis bernama Sword International.

Sistem senjata dengan julukan SPUR atau special purpose unmanned rifle di robot tersebut antara lain punya kamera thermal dengan 30x optical zoom untuk membidik dalam suasana sekitar gelap. Kemudian jangkauan efektifnya adalah 1,2 kilometer.

Belum jelas apakah robot ini akan dipasarkan untuk umum, tapi bisa jadi dalam waktu tidak lama lagi. "The SWORD Defense Systems ini adalah sistem senjata otonom masa depan," tulis Sword International di website-nya sebagai promosi.

Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (16/10/2021) si robot anjing bersenjata itu muncul untuk pertama kalinya baru-baru ini di pameran senjata Association of the United States Army's 2021 yang dihelat di kota Washington.

Robot Vision 60 sendiri memang sudah dijajal oleh militer Amerika Serikat. Tahun silam, skuadron Angkatan Udara di Florida menjadi unit militer pertama yang mengoperasikannya secara rutin. Ia digunakan antara lain untuk melakukan patroli dan menjelajah lokasi yang sulit dijangkau atau juga berpotensi membahayakan manusia.

Kini tidak hanya untuk patroli atau misi penyelidikan, robot pun telah coba dibekali dengan senjata. "Padahal para pakar sudah cukup lama memperingatkan tentang munculnya robot pembunuh dan Amerika Serikat tidak juga melarang perkembangannya," sebut The Verge.

Robot yang dipersenjatai tentu menjadi kekhawatiran banyak orang. Apa yang dulu cuma kita lihat di film Terminator, kini sudah menjadi kenyataan!



Simak Video "Berkenalan dengan Spot, 'Siluman Anjing' Peliharaan Hyundai"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)