Heboh! Ada Robot Anjing Berjalan-jalan di Pantai Florida

Heboh! Ada Robot Anjing Berjalan-jalan di Pantai Florida

Valerie Augustine Budianto - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 12:06 WIB
Robot Anjing Boston Dynamics
Robot anjing Boston Dynamics bisa diajak jalan-jalan (Foto: Dok. Boston Dynamics)
Jakarta -

Mengajak anjing jalan-jalan, itu biasa. Tapi kalau yang diajak jalan-jalan adalah anjing robot, pasti jadi keren banget.

Seorang wanita terlihat membawa robot anjingnya berjalan-jalan di daerah pantai Florida, Amerika Serikat. Sepanjang jalan, robot yang diikat tali ini memamerkan keahliannya di tengah kerumunan orang layaknya anjing sungguhan.

Dikutip detikINET dari Daily Mail, Selasa (16/3/2021) sebuah video viral di dunia maya lantaran muncul robot anjing bernama 'Scrappy' yang sedang berjalan di sepanjang dermaga di Fort Pierce, Florida dengan seorang wanita. Dalam video berdurasi 31 detik tersebut, keberadaan Scrappy berhasil menarik perhatian ratusan orang di sekitarnya.

Para penonton terkagum-kagum dengan kecerdasan robot anjing tersebut. Scrappy dapat memahami perintah 'duduk', 'berhenti', dan mampu berjalan santai di tengah keramaian. Scrappy dan pemiliknya terlihat melewati sebuah restoran, sementara orang-orang dapat mendengar bunyi 'klik' dari kaki Scrappy.

Scrappy merupakan robot mirip anjing yang diciptakan oleh Boston Dynamics, suatu perusahaan yang bergerak di bidang perancangan dan pengembangan perangkat robotik. Robot anjing tersebut diberi julukan 'Spot' dan dijual secara komersil pada bulan Juni 2020 dengan harga US$ 75.000 atau sekitar Rp 1 miliar.

Sejak tahun 2015, Spot ditempatkan di berbagai institusi seperti rumah sakit, kepolisian, dan lain-lain. Spot juga dapat membantu pekerjaan manusia di lingkungan yang berbahaya, seperti di PLTN, area konstruksi, dan pengeboran minyak lepas pantai.

Robot ini juga dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena diperlengkapi dengan berbagai sensor dan kamera di dalamnya. Bahkan robot anjing ini dapat membantu para dokter di Massachusetts dalam memerangi virus corona.

Bagi detikers yang penasaran dengan Scrappy, dapat menonton aksi selengkapnya melalui Youtube channel pribadinya, yaitu 'Scrappy The Robot Dog'.



Simak Video "5 Orang Ditangkap Terkait Penculikan Anjing Lady Gaga"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)