Ramalan Tamatnya Pandemi Corona yang Bikin Optimis - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Ramalan Tamatnya Pandemi Corona yang Bikin Optimis

Tim - detikInet
Minggu, 10 Okt 2021 06:15 WIB
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu
Pengembangan vaksin Corona. Foto: AP Photo

Pembuat Vaksin AstraZeneca

Profesor Dame Sarah Gilbert, salah satu pengembang vaksin Corona dari AstraZeneca, memberikan prediksi menggembirakan tentang virus Corona COVID-19. Ia menyebut COVID-19 cenderung tidak akan lagi bermutasi menjadi varian yang lebih mematikan dan pada akhirnya akan menjadi seperti flu biasa.

"Kita sudah hidup berdampingan dengan 4 virus Corona manusia berbeda dan kita tidak lagi terlalu memikirkannya dan pada akhirnya, SARS-CoV-2 ini akan menjadi salah satunya," demikian prediksinya seperti dikutip detikINET dari Daily Mail.

"Pertanyaannya hanyalah seberapa lama kita akan sampai ke sana dan apa yang harus kita lakukan untuk mengendalikannya pada saat ini," tambahnya.

ia menyatakan virus cenderung akan menjadi lebih lemah setelah bersirkulasi ke banyak populasi manusia, termasuk virus Corona.

"Kita normalnya melihat bahwa virus akan menjadi kurang berbahaya seiring mereka lebih mudah bersirkulasi dan tidak ada alasan untuk berpikir kita akan punya versi lebih jahat dari SARS-CoV-2," cetusnya.

Virus Corona ini menurutnya hanya akan menyebabkan penyakit yang ringan nantinya. Kecil kemungkinanya ia bermutasi ke strain yang bisa lolos dari perlindungan vaksin karena sudah tidak ada banyak ruang bagi virus ini untuk berkembang lebih jauh lagi.

(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT