Penerbangan Orang Terkaya ke Antariksa Ukir 4 Rekor Dunia

Penerbangan Orang Terkaya ke Antariksa Ukir 4 Rekor Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 09 Okt 2021 15:00 WIB
Oliver Daemen smiles during a post launch briefing where passengers described their flight experience from the spaceport near Van Horn, Texas, Tuesday, July 20, 2021. (AP Photo/Tony Gutierrez)
Penerbangan Jeff Bezos ke Antariksa Pecahkan 4 Guinness World Records Foto: AP/Tony Gutierrez
Jakarta -

Blue Origin meluncurkan penerbangan berawak pertamanya ke tepi luar angkasa pada 20 Juli lalu. Penerbangan yang ditumpangi pendiri Blue Origin sekaligus orang terkaya di dunia Jeff Bezos ini ternyata memecahkan empat Guinness World Records.

Penerbangan bersejarah ini mengantarkan Bezos dan tiga warga sipil lainnya ke ketinggian suborbital menggunakan roket New Shepard. Ketiga penumpang lainnya adalah Mark Bezos, Wally Funk dan Oliver Daemen.

Guinness World Records mengatakan penerbangan ini memecahkan empat rekor sekaligus yaitu orang tertua yang pernah ke luar angkasa, orang termuda yang pernah ke luar angkasa, saudara pertama yang terbang bersama ke luar angkasa, dan penerbangan suborbital pertama yang membawa penumpang yang membayar tiket, seperti dikutip dari Space, Sabtu (9/10/2021).

Rekor orang tertua yang pernah ke luar angkasa dipecahkan oleh Wally Funk. Di usia 82 tahun, Funk mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh astronaut NASA John Glenn yang terbang ke luar angkasa menggunakan pesawat ulang alik Discovery pada Oktober 1998 saat ia berusia 77 tahun.

Dalam penerbangan berawak perdana Blue Origin, Funk juga mewujudkan mimpi seumur hidupnya untuk bisa terbang ke luar angkasa. Sejak tahun 1960-an, Funk berjuang keras untuk menjadi astronaut NASA tapi tidak pernah terpilih.

Rekor orang termuda yang pernah ke luar angkasa dipegang oleh Oliver Daemen yang berusia 18 tahun saat menumpangi penerbangan itu. Daemen juga menjadi penumpang pertama yang membayar tiket untuk terbang ke luar angkasa.

Tiket penerbangan Daemen dibayarkan oleh ayahnya, tapi harga yang dibayarkan tidak diungkap ke publik. Daemen yang saat ini sedang kuliah di University of Utrecht mengatakan pengalaman ke luar angkasa merupakan sesuatu yang mengubah hidupnya.

Rekor lainnya yang dipecahkan adalah saudara pertama yang terbang ke luar angkasa bersamaan. Seperti diketahui, Jeff Bezos mengajak adiknya Mark terbang ke luar angkasa untuk mewujudkan impian masa kecilnya.

Meski sudah memecahkan empat Guinness World Records, Blue Origin bersiap memecahkan rekor lagi dalam penerbangan berawak keduanya pada 12 Oktober mendatang.

Penerbangan ini akan diikuti oleh empat orang yang tiga di antaranya adalah co-founder Planet Labs Chris Boshuizen, Vice Chairman Dassault Systèmes Glen de Vries, dan aktor William Shatner. Di usianya yang ke-90, Shatner yang dikenal sebagai pemeran Captain James T. Kirk di serial Star Trek akan menjadi orang tertua yang pernah ke luar angkasa.



Simak Video "Blue Origin Tunda Keberangkatan William Shatner ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)