Pakar Norwegia: Corona Sudah Bisa Disamakan dengan Flu

Pakar Norwegia: Corona Sudah Bisa Disamakan dengan Flu

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 28 Sep 2021 07:50 WIB
Negara Norwegia
Norwegia. Foto: (Thinsktock)
Norwegia -

Virus Corona COVID-19 masih membahayakan manusia. Akan tetapi di Norwegia, skala keparahan virus Corona disebut mulai berkurang. Direktur Norwegian Institute of Public Health (NIPH), Geir Bukholm, menyebut virus Corona khususnya di negaranya sudah bisa masuk dalam kategori yang sama seperti flu dan penyakit pernapasan sejenisnya.

"Kita sekarang berada di fase baru di mana kita harus melihat virus Corona sebagai salah satu dari beberapa penyakit pernapasan dengan variasi musiman," katanya seperti dikutip detikINET dari The Local.

Kementerian Kesehatan Norwegia pada saat ini masih meneliti apakah COVID-19 masih penyakit yang berbahaya. Namun dengan perkataan salah satu pejabatnya ini, jelas bahwa tingkat bahaya COVID-19 akan diturunkan dari sebelumnya.

Tingkat keparahan COVID-19 ia katakan bisa disamakan dengan flu atau masuk angin karena mayoritas orang yang paling berisiko jika terkena virus Corona pada saat ini sudah sepenuhnya divaksinasi.

"Hal ini karena mayoritas besar mereka yang berisiko sudah terlindungi. Meski infeksi masih bersirkulasi, pasien di rumah sakit tetap rendah. Maka, virus Corona tidak akan menimbulkan beban berat bagi layanan kesehatan. Mereka yang divaksin mungkin tertular dan punya gejala, tapi mayoritas besar akan punya gejala ringan," papar dia.

Namun demikian ia memberi catatan bahwa pandemi Corona masih jauh dari selesai. Sebab masih ada cukup banyak negara yang angka vaksinasi penduduknya masih kurang.

"Pandemi Corona tidak selesai selama masih eksis di dunia dan di negara yang angka vaksinasinya masih rendah. Selama penyakit virus Corona ini masih menyebar ke dunia, masih ada pandemi," lanjut Bukholm.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)