Potret Serangan 11 September Dilihat dari Luar Angkasa

Potret Serangan 11 September Dilihat dari Luar Angkasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 16 Sep 2021 05:44 WIB
Maxar Technologies memperlihatkan foto serangan 11 September 2001.
Potret Serangan 11 September dari Luar Angkasa. Foto: Maxar Technologies
Jakarta -

Dua pesawat maskapai milik American Airlines dan United Airlines ditabrakkan ke menara kembar World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat, oleh pembajak. Kejadian tersebut dikenang sebagai Serangan 11 September atau 9/11 yang kini sudah 20 tahun berlalu.

Di hari yang sama, teroris juga membajak dua pesawat lainnya untuk menghantam markas Pentagon di Washington DC dan Gedung Capitol. Untuk yang terakhir, pesawat yang dibajak jatuh di lapangan Pennsylvania sebelum mencapai sasaran.

Kejadian itu tercatat sebagai tragedi terkelam dalam sejarah modern AS. Operator satelit Maxar Technologies memotret waktu ke waktu bagaimana menara kembar ditabrak, reruntuhan di ground zero, dan kondisi terkini lokasi kejadian setelah dua dekade lewat.

Dikutip dari Space, Kamis (16/9/2021) satelit IKONOS Maxar yang diluncurkan September 1999, menangkap pemandangan mengerikan dari udara di lokasi kejadian. Satelit tersebut merilis ada gumpalan asap besar yang membumbung tinggi ke langit usai pesawat menabrak.

Maxar Technologies memperlihatkan foto serangan 11 September 2001.Maxar Technologies memperlihatkan foto pasca serangan 11 September 2001, tepatnya pada 15 September 2001. Foto: Maxar Technologies

"Ini adalah citra satelit pertama yang tidak terklasifikasi yang dirilis ke publik dari lokasi serangan 11 September," menurut pernyataan resmi Maxar Teh

Kemudian pada 15 September, asap di lokasi kejadian telah hilang berubah menjadi area yang dipenuhi reruntuhan bangunan dari menara WTC yang sudah rata dengan tanah.

Pemerintah AS kemudian mengubah kuburan dua menara kembar dengan mendirikan monumen dan museum nasional 9/11. Terlihat lokasi tersebut tumbuh banyak pohon-pohon di sekitarnya.

Maxar Technologies memperlihatkan foto serangan 11 September 2001.Kondisi terkini di bekas reruntuhan menara kembar WTC. Foto: Maxar Technologies

Sedangkan di Pentagon, satelit IKONOS menunjukkan kerusakan yang ditimbulkan akibat jatuhnya pesawat America Airlines di sisi kiri gedung pemerintahan. Foto ini diambil pasca serangan 11 September, yaitu pada 15 September.

Maxar Technologies juga memperlihatkan dengan masih satelit IKONOS, lokasi jatuhnya United Airlines di lapangan Shanksville. Satelit memotretnya pada 15 September 2001. Sekarang lapangan tersebut dibangun monumen peringatan.

Maxar Technologies memperlihatkan foto serangan 11 September 2001.Maxar Technologies memperlihatkan foto Gedung Pentagon pada 15 September 2001. Foto: Maxar Technologies
Maxar Technologies memperlihatkan foto serangan 11 September 2001.MMaxar Technologies juga memperlihatkan dengan masih satelit IKONOS, lokasi jatuhnya United Airlines di lapangan Shanksville pada 15 September 2001. Foto: Maxar Technologies


Simak Video "Kilas Balik Tragedi 20 Tahun Serangan 9/11"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)