Aneh, Ada Bebek Bisa Ngomong "Dasar Bodoh!"

Aneh, Ada Bebek Bisa Ngomong "Dasar Bodoh!"

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 19:24 WIB
bebek
Tak cuma burung beo yang bisa meniru ucapan manusia, bebek pun ternyata bisa. Foto: UNILAD
Jakarta -

Tak cuma burung beo yang bisa meniru ucapan manusia, bebek pun ternyata bisa. Seperti dalam kartun Donald Duck, seekor bebek di sebuah cagar alam Australia bisa berbicara menyalin frasa yang didengarnya dari salah satu pawang cagar alam.

Ripper, nama bebek tersebut, tinggal di Tidbinbilla Nature Reserve Experts di Canberra, Australia. Dia berhasil belajar bagaimana mengatakan kalimat seperti manusia, dia bahkan meniru kalimat yang terdengar seperti umpatan "You bloody fool!" yang artinya "Dasar bodoh!". Suara Ripper direkam dalam bentuk file audio.

Dikutip dari The Canberra Times, diyakini ini pertama kalinya suara bebek meniru manusia didokumentasikan. Ripper tak hanya berhasil mengucapkan kalimat lucu, tetapi juga menirukan suara pintu yang ditutup, dan kemampuan itu cukup mengesankan.

Carel ten Cate dari Leiden University, Belanda, yang mempelajari pembelajaran vokal pada burung, telah memverifikasi kebenaran rekaman tersebut. Ketika pertama kali mengetahui bakat unik Ripper, awalnya Cate menganggapnya lelucon.

Untuk memastikan kebenarannya, Cate menghubungi ilmuwan Australia yang sudah pensiun, Peter J Fullagar. Bertahun-tahun lalu, Fullagar adalah yang pertama kali memperhatikan bahwa bebek kesturi dapat menirukan ucapan manusia.

Membandingkan dengan penelitian Fullagar, diketahui bahwa Ripper dan bebek kesturi yang diamati Fullagar 30 tahun lalu, menunjukkan kemampuan yang sama. Cate pun jadi menemukan lebih banyak contoh bebek yang bisa meniru suara.

Menurut Cate, bebek Inggris mengeluarkan suara seperti kuda poni yang mendengus, orang batuk, dan pintu yang berderit. Kalau kalian penasaran seperti apa Ripper menirukan suara, lihat video di bawah ini.

[Gambas:Youtube]

(rns/fay)