SpaceX Kirim Semut-Es Krim ke Luar Angkasa, Biar Apa?

SpaceX Kirim Semut-Es Krim ke Luar Angkasa, Biar Apa?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 06 Sep 2021 15:53 WIB
SpaceX Starship
SpaceX Kirim Semut-Es Krim ke Luar Angkasa. Foto: dok SpaceX
Jakarta -

SpaceX belum lama ini sukses meluncurkan muatan yang dikirimkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Isi dari muatan tersebut, yaitu semut, alpukat, hingga lengan robot seukuran manusia.

Muatan tersebut telah diluncurkan SpaceX dari Kennedy Space Center NASA, Amerika Serikat. Ini merupakan pengiriman muatan yang ke-23 untuk NASA dalam dalam kurun waktu kurang satu dekade.

Muatan yang dikirim oleh kapsul Dragon itu telah sampai di ISS. Dikutip dari AP News, Senin (6/9/2021) setidaknya berat muatan yang diangkut Dragon ini mencapai 2.170 kilogram terdiri berbagai bahan persediaan dan eksperimen.

Terdapat pula makanan segar, mulai dari alpukat, lemon, bahkan es krim yang bisa disantap untuk tujuh astronaut yang bertugas di luar angkasa tersebut.

Selain itu, ada juga muatan berupa semut, udang air asin, sampai tanaman yang akan digunakan sebagai uji penelitian.

Sementara, lengan robot eksperimental yang turut diangkut merupakan buatan dari perusahaan rintisan Jepang. Nantinya, lengan robot tersebut difungsikan menyatukan barang-barang dan juga membantu tugas astronaut di ISS.

Disampaikan Chief Technology Officer Toyotaka Kozuki menyebutkan lengan robot itu untuk melatih kepiawaian dalam memperbaiki satelit dan pekerjaan perbaikan lainnya di masa depan.

Tadinya, SpaceX akan mengirimkan sejumlah eksperimen lainnya. Hanya saja hal itu tertunda peluncurannya akibat pandemi COVID-19.

NASA mengandalkan SpaceX setelah badan antariksa negeri Paman Sam itu pensiun memuat angkutan sejak dihentikannya program pesawat ulak-alik pada 2011.



Simak Video "Momen Bersejarah Kru Film Rusia Tiba di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)