Pulau di Alaska Tampak Melayang Mirip UFO, Kok Bisa?

Pulau di Alaska Tampak Melayang Mirip UFO, Kok Bisa?

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 21 Agu 2021 05:45 WIB
fatamorgana
Foto: Daily Mail
Jakarta -

Sebuah rekaman video viral dan mengejutkan netizen karena awalnya dikira piring terbang. Padahal, objek tersebut sebenarnya sebuah pulau yang tampak melayang.

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (21/8/2021) video ini direkam dari sebuah kapal di Glacier Bay dan diposting ke halaman Facebook Taman Nasional dan Cagar Alam Glacier Bay. Dijelaskan bahwa rekaman tersebut menunjukkan efek fatamorgana yang mendistorsi Pulau Lone di area tengah teluk di cagar alam Glacier Bay. Di taman nasional ini, membentang seluas 3,3 juta hektar pegunungan berselimut salju, gletser, dan hutan hujan.

"Apakah kalian menyaksikan fatamorgana ini saat berada di Glacier Bay? Dengan sedikit imajinasi, pulau-pulau di teluk gletser tampak berubah menjadi UFO atau piring terbang," tulis akun Glacier Bay dalam postingannya.

Fatamorgana adalah sebuah fenomena di mana ilusi optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Peristiwa Fatamorgana terjadi akibat oleh pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda, sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak tampak menjadi seolah ada.

Rekaman video tersebut membuat netizen terkesan. Namun ada juga yang menganggap video tersebut palsu dan hanya lelucon. Akun Glacier Bay pun menjawab komentar-komentar miring tersebut.

"Kami tidak membuang waktu untuk membuat video palsu dan berbagi cerita tentang taman nasional kami. Ini sungguhan terjadi, dan semua orang yang berada di kapal hari itu bisa membuktikannya. Nikmatilah fenomena alam yang keren!" balas akun Glacier Bay.

Mereka juga menjelaskan, fenomena fatamorgana telah didokumentasikan selama berabad-abad. Dan fatamorgana ini, khususnya, mungkin yang sering disebut dalam kisah pelaut tentang "Flying Dutchman", yang bagi para pelaut tampak seperti kapal terbang tepat di atas permukaan air.

Fyling Dutchman adalah legenda maritim tentang kapal hantu terapung yang diyakini para pelaut sebagai pertanda malapetaka ketika terlihat di cakrawala.

fatamorganaFatamorgana di Siprus. Foto: Daily Mail

Peristiwa fatamorgana memang selalu menarik bagi orang-orang yang melihatnya. Pada Juni lalu, warga di Siprus, Timur Tengah bergegas mengambil foto ketika melihat tiga kapal pesiar tampak melayang di lepas pantai kota selatan Limassol dalam peristiwa serupa.

fatamorganaFatamorgana di Devon. Foto: Daily Mail

Fatamorgana seram juga pernah terjadi di beberapa daerah di Inggris, terlihat di Cornwall, Devon dan Aberdeenshire awal tahun ini. Pada bulan Maret, sebuah potret pantai yang indah menunjukkan beberapa kapal tampak melayang di atas laut di Paignton, Devon.

fatamorganaFatamorgana di Aberdeenshire. Foto: Daily Mail

Hanya beberapa hari sebelumnya, di Banff, Aberdeenshire, seorang pekerja kesehatan dan keselamatan melihat kapal lain yang tampak melayang dan dia berhenti sebentar untuk merekam video pemandangan aneh itu.

fatamorganaFatamorgana di Cornwall. Foto: Daily Mail

Dan, pada bulan yang sama, seorang pria yang sedang berjalan-jalan di Gillan, Cornwall, melihat sebuah kapal merah yang tampaknya mengambang di langit di atas air. Seperti itulah fenomena fatamorgana mengesankan orang-orang.

(rns/fay)