Hewan Ini Punya Antibodi yang Bisa Lawan Virus Corona

Hewan Ini Punya Antibodi yang Bisa Lawan Virus Corona

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 06 Agu 2021 14:21 WIB
Reserva Nacional Salinas - Aguada Blancas near Arequipa, Peru
Llama Punya Nanobodi yang Bisa Melawan Virus Corona. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Secercah harapan datang dari seekor hewan di tengah perjuangan melawan pandemi virus Corona. Para peneliti di US National Institutes of Health (NIH) berhasil mengisolasi satu set antibodi kecil atau nanobodi yang menjanjikan untuk melawan virus Corona baru SARS-CoV-2.

Setidaknya, satu dari nanobodi ini dapat mencegah infeksi dan mendeteksi partikel virus dengan memegang spike protein (yang berbentuk seperti paku-paku yang menancap pada permukaan) virus SARS-CoV-2. Dalam jurnal Scientific Reports, para peneliti memperkirakan nanobodi ini, yang disebut NIH-CoVnb-112, tampaknya bekerja dengan baik, dalam bentuk cair atau aerosol, yang menunjukkan bahwa ia dapat tetap efektif setelah terhirup.

Dikutip dari The Indian Xpress, Jumat (6/8/2021) nanobodi adalah jenis antibodi khusus yang diproduksi secara alami oleh sistem kekebalan hewan jenis unta, mencakup llama dan alpaca. Antibodi ini disebut nanobodi karena ukurannya kecil, sekitar sepersepuluh berat kebanyakan antibodi manusia.

Karena nanobodi lebih stabil, lebih murah untuk diproduksi, dan lebih mudah direkayasa dibandingkan antibodi biasa, para peneliti kini mulai menggunakannya untuk penelitian medis.

"Sejak pandemi melanda, beberapa peneliti telah menghasilkan nanobodi llama untuk melawan spike protein SARS-CoV-2 yang mungkin efektif untuk mencegah infeksi. Dalam studi saat ini, para peneliti menggunakan strategi yang sedikit berbeda untuk menemukan nanobodi yang mungkin bekerja dengan sangat baik," tulis NIH.

Spike protein punya peran utama selama infeksi virus Corona. Bagian ini 'membuka pintu' infeksi ketika mengikat protein manusia yang disebut reseptor ACE2 pada permukaan sel. Dalam penelitian ini, para ilmuwan NIH mengembangkan metode yang mengisolasi nanobodi yang bisa memblokir infeksi dengan menutupi bagian dari spike protein yang mengikat dan membuka reseptor ACE2.



Simak Video "Selain Covid-19, Belasan Virus Ini Dianggap Mematikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)