Riset Klaim Pfizer 88% Efektif Lawan COVID-19 Varian Delta

Riset Klaim Pfizer 88% Efektif Lawan COVID-19 Varian Delta

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 25 Jul 2021 05:48 WIB
Vaksin Pfizer Kini Dapat Disimpan Dengan Suhu Kulkas Biasa Saat Pengiriman
Vaksin Pfizer (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

COVID-19 varian Delta kini menjadi biang masalah di berbagai negara. Vaksin Corona buatan dari Pfizer diklaim 88% efektif untuk melawannya.

Ini adalah hasil riset terbaru seperti diberitakan New York Post, Sabtu (24/7/2021). CDC mengatakan orang yang menerima 2 dosis vaksin Corona dari Pfizer akan 88% terlindungi dari varian Delta. Demikian hasil publikasi riset di New England Journal of Medicine.

Varian Delta, kini mendominasi juga di Negara Paman Sam menurut dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat. Sebanyak 83,2% kasus Corona baru di Amerika adalah varian Delta.

Riset yang disponsori Badan Kesehatan Masyarakat Inggris ini mengungkapkan satu suntikan vaksin Corona Pfizer memberikan perlindungan 30% terhadap varian Delta. Tapi setelah suntikan kedua, ada perlindungan sampai 88% melawan varian Delta.

Sebelumnya vaksin Pfizer dinyatakan 94% efektif melawan varian Alpha. Ilmuwan mengatakan angka 88% terhadap varian Delta artinya vaksin ini tetap manjur.

"Temuan ini akan mendukung upaya memaksimalkan vaksin sampai dua dosis di antara populasi yang rentan," kata Badan Kesehatan Masyarakat Inggris.

Sebagai perbandingan, riset ini juga menyebutkan hasil uji vaksin Corona buatan AstraZeneca terhadap varian Delta. 2 Suntikan AstraZeneca 67% efektif melawan varian Delta dan 74,5% efektif melawan varian Alpha.



Simak Video "Rencana Pfizer Produksi 3 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)