Bisa Lewat HP, Ini Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19

Bisa Lewat HP, Ini Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 22 Jul 2021 13:45 WIB
PeduliLindungi
Bisa Lewat HP, Ini Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sertifikat vaksin Virus Corona (COVID-19) menjadi bagian hal yang wajib dimiliki, seperti akan melakukan perjalanan saat PPKM Level 4 diberlakukan. Begini cara download sertifikat vaksin tersebut.

Adapun PeduliLindungi adalah aplikasi yang diandalkan pemerintah sebagai platform untuk melacak penyebaran COVID-19, lokasi zona merah, hingga menyediakan dokumen sertifikat vaksin ke-1 dan ke-2.

Aplikasi PeduliLindungi sudah tersedia secara gratis di Play Store untuk pengguna smartphone berbasis Android dan App Store bagi pengguna iOS. PeduliLindungi juga bisa diakses di situs pedulilindungi.id.

Hal yang pertama, pastikan kalian sudah melakukan vaksinasi. Meski itu vaksin ke-1, kalian bisa mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19.

Setelah melakukan suntikan vaksin, pengguna akan dikirimkan SMS berupa tautan untuk mengakses sertifikat vaksin COVID-19. Ada juga yang langsung melalui WhatsApp dan melampirkan kartu Vaksinasi COVID-19.

Namun bagi kalian yang belum mendapatkan SMS atau WhatsApp dari lokasi vaksinasi dilakukan, bisa meluncur ke aplikasi PeduliLindungi.

Situs Aplikasi PeduliLindungi

1. Akses situs pedulilindungi.id.
2. Kemudian login dengan memasukan nomor ponsel atau alamat email.
3. Nanti muncul OTP atau kode verifikasi untuk masuk ke akun kalian.
4. Langkah berikutnya, klik akun kalian yang ada di kanan atas. Lalu, pilih "sertifikat vaksin".
5. Pilih "sertifikat vaksin". Di sana akan muncul, sertifikat ke-1 dan ke-2, tentunya itu tersedia apabila kalian sudah melakukan vaksin ke-1 dan ke-2.

Aplikasi PeduliLindungi

Untuk mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 ke-1 dan ke-2 di PeduliLindungi sangatlah mudah. Berikut cara download sertifikat vaksin ke-1 dan ke-2:

  1. Download aplikasi PeduliLindungi di Play Store dan App Store.
  2. Login yang disertakan nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif dan digunakan pengguna.
  3. Setelah login, kalian pilih "akun" yang ada di kanan atas.
  4. Kemudian terlihat ada fitur "sertifikat vaksin" dan kalian klik. Pastikan sudah masuk dengan mengisi nama lengkap dan NIK.
  5. Nanti muncul sertifikat vaksin kalian. Apabila baru pertama kali, maka yang muncul sertifikat vaksin ke-1 dan yang berikutnya belum ada. Jika sudah vaksinasi, sertifikat vaksin ke-2 pun tersedia.
  6. Terakhir, klik sertifikat vaksin ke-1 dan sertifikat vaksin ke-2 yang bisa kalian download ke dalam perangkat.

Lihat Video: Selama PPKM Darurat, Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Wajib Bepergian

[Gambas:Video 20detik]



(agt/fay)