Wisata Antariksa Blue Origin Dikritik, Jeff Bezos Buka Suara

Wisata Antariksa Blue Origin Dikritik, Jeff Bezos Buka Suara

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 21 Jul 2021 09:27 WIB
Jakarta -

Penerbangan Jeff Bezos ke luar angkasa diwarnai oleh kritik dari banyak pihak. Banyak yang berargumen bahwa Bezos sebagai orang terkaya di dunia sebaiknya membantu menyelesaikan masalah di Bumi terlebih dahulu, baru mengurus wisata antariksa.

Dalam wawancara dengan CNN sebelum penerbangannya, Bezos ditanya tentang kritik yang mengatakan wisata luar angkasa hanya untuk orang kaya dan ia sebaiknya mengeluarkan uang dan tenaganya untuk menyelesaikan masalah di Bumi. Bezos menjawab kritik tersebut ada benarnya.

"Mereka sebagian besar benar. Kita harus melakukan dua-duanya," kata Bezos, seperti dikutip dari New York Post, Rabu (21/7/2021).

Bezos mengakui saat ini ada banyak masalah di Bumi yang harus segera ditangani, tapi ia mengatakan mengembangkan teknologi untuk masa depan juga sama pentingnya.

Pendiri Amazon ini mengatakan tujuan jangka panjang Blue Origin adalah agar bisa menjadi seperti maskapai penerbangan komersil. Dengan itu, Blue Origin bisa membantu generasi masa depan untuk melakukan hal hebat di luar angkasa.

"Jika kami bisa melakukan itu, kami akan membangun jalur ke luar angkasa untuk generasi selanjutnya untuk melakukan hal yang mengagumkan di sana, dan hal yang mengagumkan itu akan menyelesaikan masalah di Bumi," ucap Bezos.

Bezos mencontohkan Oliver Daemen, salah satu penumpang yang terbang bersamanya. Daemen yang berusia 18 tahun merupakan penumpang pertama yang membayar untuk mengikuti penerbangan ini, setelah dibelikan tiket oleh ayahnya yang merupakan bos perusahaan manajemen investasi.

Bezos mengatakan Daemen, yang menjadi orang termuda yang pernah terbang ke luar angkasa, bisa saja menjadi salah satu anak muda yang bisa memanfaatkan wisata antariksa yang ditawarkan banyak perusahaan.

"Mungkin ia akan mendirikan perusahaan antariksa yang menggunakan infrastruktur yang dibangun oleh generasi saat ini," kata pria berusia 57 tahun ini.

Wisata antariksa seperti yang ditawarkan oleh Blue Origin memang mengundang pro dan kontra. Ada yang mendukung karena dianggap bisa memajukan eksplorasi antariksa, tapi ada juga yang mengkritik karena dianggap hanya bisa dinikmati oleh orang kaya.

Salah satu orang yang mengkritik keras adalah Senator AS Bernie Sanders. Senator dari Partai Demokrat ini beberapa waktu yang lalu mengkritik Bezos dan Blue Origin yang meminta dana USD 10 miliar dari Kongres, padahal Bezos merupakan orang terkaya di dunia.

(vmp/afr)