Pertama Kali ke Antariksa, Apakah Orang Terkaya Dag Dig Dug?

Pertama Kali ke Antariksa, Apakah Orang Terkaya Dag Dig Dug?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 20 Jul 2021 16:00 WIB
Harta Jeff Bezos
Pertama Kali ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Mengaku Tidak Gugup Foto: The Richest
Jakarta -

Jeff Bezos siap terbang ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard buatan Blue Origin dalam hitungan jam. Menjelang penerbangan perdananya ke antariksa, Bezos mengaku tidak gugup.

Bezos akan terbang bersama tiga orang lainnya dalam penerbangan berawak pertama Blue Origin ke area sub-orbital. Perjalanan yang menempuh waktu 11 menit ini akan terbang dari fasilitas Blue Origin di Van Horn, Texas pada hari ini pukul 08.00 waktu setempat.

"Orang-orang terus bertanya apakah saya gugup. Saya tidak begitu gugup, saya bersemangat. Saya penasaran. Saya ingin tahu apa yang akan kita pelajari," kata Bezos dalam wawancara dengan CBS This Morning, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/7/2021).

"Kami sudah latihan. Kendaraannya sudah siap. Awak sudah siap. Tim ini luar biasa. Kami merasa sangat baik," sambungnya.

Pendiri Amazon ini akan ditemani oleh saudaranya Mark, pionir penerbangan Wally Funk yang berusia 82 tahun, dan mahasiswa fisika Oliver Daemen yang berusia 18 tahun. Jika berhasil, penerbangan ini akan memecahkan rekor setelah membawa orang termuda dan tertua ke luar angkasa.

Daemen adalah pelanggan pertama Blue Origin yang telah membeli tiket untuk berwisata ke antariksa. Ayahnya adalah seorang petinggi di perusahaan manajemen investasi Somerset Capital Partners.

Bezos juga memuji Funk yang telah menunggu 60 tahun untuk terbang ke luar angkasa. Pada tahun 1960-an, Funk pernah mengikuti ujian yang sama kerasnya seperti ujian astronaut NASA yang mengikuti program antariksa. Sayangnya Funk tidak terpilih menjadi astronaut karena gendernya.

"Ketika Wally menjadi bagian dari Merxcury 13, semua ujian yang ia lakukan, ia mengungguli semua pria. Dan kami dapat memastikan di usia 82 tahun, ia masih bisa mengalahkan semua pria," kata pria terkaya di dunia itu dalam wawancara dengan program NBC Today.

"Kami telah mengikuti latihan bersama Wally. Ia bisa berlari lebih cepat dari kami semua," sambungnya.

Bezos akan terbang sembilan hari setelah Richard Branson mengangkasa menggunakan pesawat roket Virgin Galactic. Sempat dikira bersaing untuk menjadi miliarder pertama yang terbang ke antariksa, Bezos mengaku tidak ada persaingan di antara keduanya.

"Ada satu orang yang merupakan orang pertama di luar angkasa. Namanya Yuri Gagarin. Dan itu sudah lama terjadi," kata Bezos dalam program NBC Today, merujuk pada kosmonaut Soviet yang terbang ke luar angkasa pada tahun 1961.

"Saya pikir saya akan menjadi nomor 570 atau skitarnya. Di situlah kami akan berada di daftar ini. Jadi ini bukan kompetisi. Ini tentang membangun jalur ke luar angkasa agar generasi masa depan bisa melakukan hal-hal luar biasa di luar angkasa," sambungnya.



Simak Video "Persiapan Jeff Bezos Jelang Perjalanan ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)