Roket Blue Origin Siap Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa

ADVERTISEMENT

Roket Blue Origin Siap Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 19 Jul 2021 16:55 WIB
Blue Origin
Roket Blue Origin Siap Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa Foto: Reuters
Jakarta -

Blue Origin mengatakan roket New Shepard dan kapsul yang akan membawa Jeff Bezos ke luar angkasa sudah siap untuk terbang. Roket ini akan menempuh penerbangan berawak pertamanya pada 20 Juli esok.

Chief Engineer Blue Origin Chris Jaeger mengatakan roket dan kapsul tersebut sudah diperiksa setelah uji terbang terakhirnya. "Kendaraan sudah siap untuk terbang. Tidak ada masalah mekanik atau teknis," kata Jaeger dalam media briefing sebelum peluncuran, seperti dikutip dari Forbes, Senin (19/7/2021).

Penerbangan ini akan dilakukan sembilan hari setelah Virgin Galactic membawa Richard Branson dan tiga karyawannya ke antariksa. Bedanya, penerbangan pertama Blue Origin akan membawa penumpang pertama yang telah membayar tiket, yaitu Oliver Daemen.

Blue Origin tidak mengungkap berapa uang yang dibayarkan Daemen untuk mendapatkan tiket ini, tapi Director of Astronaut and Orbital Sales Blue Origin Ariane Cornell mengatakan tiket wisata antariksa sudah banyak dipesan.

"Dari perspektif penjualan, kami khususnya sangat gembira karena kami menerbangkan pelanggan pertama kami di New Shepard," kata Cornell.

Penerbangan berawak perdana Blue Origin juga akan membawa saudara Bezos, Mark, dan pionir penerbangan Wally Funk. Di usianya yang ke-82, Funk akan menjadi orang tertua yang pernah terbang ke antariksa.

Dua hari sebelum peluncuran, keempat awak penerbangan ini harus menjalani serangkaian program pelatihan. Program pelatihan ini mencakup briefing keselamatan, simulasi penerbangan, tinjauan roket dan operasinya, dan instruksi cara melayang di kabin.

Pelatihan yang berlangsung selama 14 jam ini sudah diikuti oleh karyawan Blue Origin, dan nantinya akan menjadi salah satu program yang wajib diikuti oleh pelanggan yang telah membeli tiket.

Berbeda dengan penerbangan Virgin Galactic yang memakan waktu 1,5 jam, penerbangan Blue Origin hanya akan berlangsung selama sekitar 12 menit. Penerbangan ini dijadwalkan meluncur pada pukul 09.00 waktu Amerika Serikat bagian timur, dan tiga menit setelahnya kapsul akan memisah dari roket.

Kapsul bernama RSS First Step ini akan terus terbang ke luar angkasa dan mencapai apogee sekitar tujuh menit setelah lepas landas. Beberapa menit setelah apogee, Bezos dan awak lainnya akan bisa merasakan sensasi melayang di gravitasi nol.

Sekitar 10-12 menit setelah lepas landas, kapsul ini akan mulai ke Bumi dan mendarat dengan bantuan parasut. Roket dan kapsul ini dirancang untuk dipakai kembali dalam penerbangan selanjutnya.

Roket dan kapsul ini memang belum pernah dipakai membawa penumpang ke luar angkasa sebelumnya, tapi Blue Origin mengatakan sistem transportasi ini sudah berhasil terbang dan mendarat dalam dua uji terbang.



Simak Video "Detik-detik Roket New Shepard Jeff Bezos Jatuh Setelah Lepas Landas"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT