Rentetan Fakta Menyeramkan Rahasia Ilmuwan

Rentetan Fakta Menyeramkan Rahasia Ilmuwan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 21 Jun 2021 05:45 WIB
ilustrasi komputer
Fakta yang dibagikan ilmuwan di Reddit bikin kaget. Foto: unsplash
Jakarta -

Sejumlah ilmuwan membagikan 'rahasia' atau fakta berkaitan dengan sains yang jarang diketahui orang di situs forum Reddit. Alhasil, jawaban dari mereka ternyata sangat mendebarkan dan tidak terduga.

Semua bermula dari pertanyaan singkat yang bertuliskan 'Halo para ilmuwan reddit, apa fakta sains menakutkan yang tidak diketahui publik?' oleh LukasXB78.

Ternyata pertanyaan ini mendapatkan respons antusias warga Reddit. Ada banyak jawaban yang menarik di sana.

"Antraks dapat bersporulasi di tanah dan tetap hidup selama ratusan tahun sampai tanah buncah dan spora terhirup," tulis TheThoughtwell.

Faktanya melansir IFL Science, antraks dari zaman dulu yang masih 'baik' memang bisa terkubur selama bertahun-tahun dan hidup kembali. Antraks ini bisa menulari orang lain. Pada tahun 2016, wabah antraks di Siberia yang menewaskan sedikitnya 1.500 rusa kutub, membuat empat orang dirawat di rumah sakit, dan berpotensi membunuh seorang anak berusia 12 tahun.

Fakta lainnya dituliskan oleh Unlucky-Pomegranate3 yang mengatakan 'Pada tahun 1958, sebuah bom nuklir seberat 7600 pon hilang di lepas pantai Georgia dekat Savannah. (Bom) itu tidak pernah ditemukan."

Kenyataannya ternyata jauh lebih buruk dari itu. Amerika Serikat bertanggung jawab atas setidaknya 32 contoh kecelakaan senjata nuklir yang terdokumentasi, yang dikenal sebagai 'Broken Arrow' dalam istilah militer. Kecelakaan ini dapat melibatkan peluncuran atau ledakan yang tidak disengaja, pencurian, atau kehilangan senjata nuklir. Setidaknya Amerika Serikat sudah kehilangan enam senjata nuklir.

Hal lainnya terkait fakta sains mencengangkan juga dibagikan, antara lain:

"Beberapa bentuk anestesi tidak membuat Anda mati rasa karena rasa sakit - mereka membuat Anda lupa bahwa Anda merasakannya," kata foul_dwimmerlaik.

"Pendengaran dianggap sebagai salah satu indera terakhir yang memudar setelah kematian berdasarkan EEG (rekaman gelombang otak)," ujar @Nervoud_Relation9213.

"Anda tidak akan meleleh seperti Gollum jika Anda jatuh ke lava. Anda akan berbaring di atasnya terbakar dan menguap. Anda akan mati dengan cepat," jabar @Val_ery.

Jadi bukan meleleh, sekarat karena melompat ke kolam lava jauh lebih buruk daripada yang digambarkan di film-film.

"Saat melompat ke 'pemandian maut' Anda, Anda akan terjebak di permukaan saat lava mulai memberi Anda luka bakar yang sangat tebal," tulis mantan staf penulis IFLScience, Dr Robin Andrews pada tahun 2017.

"Cedera ini adalah jenis yang tidak hanya menghancurkan lapisan atas kulit Anda (epidermis), tetapi dengan cepat menghancurkan ujung saraf Anda dan memutuskan pembuluh darah Anda di dalam dermis dasar. Lemak subkutan Anda juga akan mendidih, jadi pada dasarnya, Anda ' akan dibakar seperti steak daging sapi," tegas Dr Andrews. Ouch.



Simak Video "Harpa Tanpa Senar, Teknologi Unik di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/asj)