Insiden Roswell, Benarkah Ada Penemuan UFO?

Teka-teki Alien

Insiden Roswell, Benarkah Ada Penemuan UFO?

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 12 Jun 2021 19:35 WIB
ufo
Insiden Roswell, Benarkah Ada Penemuan UFO? Foto: Istimewa
Jakarta -

Apakah benda terbang tak dikenal benar-benar menabrak peternakan dekat Roswell, New Mexico pada 1947 silam? Benarkah ada penemuan UFO yang ditutup-tutupi?

Peristiwa bersejarah ini dikenal dengan sebutan Insiden Roswell, yang mengacu pada kejadian kecelakaan balon udara Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pada Juli 1947. Teori konspirasi yang beredar mengklaim kecelakaan itu sebenarnya tabrakan piring terbang, namun kebenarannya ditutup-tutupi oleh pemerintah AS.

Pada 8 Juli 1947, lapangan udara Angkatan Darat Roswell mengeluarkan siaran pers yang menyatakan bahwa mereka menemukan 'cakram terbang' dari sebuah peternakan dekat Roswell, New Mexico.

Namun tak lama kemudian, pihak Angkatan Darat langsung menarik kembali pernyataan itu, dan sebaliknya mengatakan bahwa objek yang jatuh hanyalah balon cuaca konvensional.

Teori konspirasi

Setelah itu, Insiden Roswell seakan menguap begitu saja. Namun pada akhir 1970-an, cerita UFO mulai ramai lagi saat seorang pensiunan Letnan Kolonel dalam sebuah wawancara dengan seorang peneliti UFO, untuk pertama kalinya mengakui bahwa balon cuaca yang disebutkan dalam insiden Roswell hanya untuk menutup-nutupi.

Para ahli UFO pun mulai mempromosikan berbagai teori konspirasi yang semakin rumit, mengklaim bahwa satu atau lebih pesawat luar angkasa alien telah mendarat darurat, dan bahwa penghuni luar Bumi telah ditemukan oleh militer, yang kemudian dirahasiakan.

Selanjutnya pada tahun 1994, Angkatan Udara AS menerbitkan laporan yang mengidentifikasi objek yang jatuh sebagai balon pengintai uji coba nuklir dari Project Mogul. Laporan Angkatan Udara kedua, yang diterbitkan pada tahun 1997, menyimpulkan bahwa cerita tentang 'tubuh alien' yang disebut-sebut dalam insiden Roswell, kemungkinan adalah boneka uji yang balon udara yang sengaja dijatuhkan dari ketinggian.

Namun demikian, teori konspirasi seputar peristiwa tersebut tetap ada. Insiden Roswell terus menjadi perhatian media populer, bahkan hingga sekarang. Peristiwa tersebut digambarkan sebagai klaim UFO paling terkenal di dunia, paling diselidiki secara mendalam, sekaligus paling dibantah keras.

Kesaksian lain

Beberapa orang pada peristiwa tersebut mengaku melihat puing-puing berserakan di area yang luas dan setidaknya satu orang melaporkan melihat pesawat yang menyala di langit sesaat sebelum jatuh.

Namun seperti dikutip dari The Week, Sabtu (12/6/2021) kesaksian kunci datang dari mantan petugas pemakaman bernama Glenn Dennis. Dia mengklaim pada tahun 1989, seorang temannya yang bekerja sebagai perawat di Roswell Army Air Field secara tidak sengaja masuk ke ruang pemeriksaan di mana dokter membungkuk di atas tubuh tiga makhluk. Makhluk tersebut menyerupai manusia, tetapi dengan tubuh kecil, lengan kurus dan kepala besar yang botak, mirip alien.

Pada tahun 1995, Ray Santilli, seorang pengusaha yang berbasis di London, Inggris, merilis 'rekaman' dari otopsi alien yang dilakukan di Roswell pada tahun 1947. Para ahli menertawakan rekaman tersebut dan menyebutnya sebagai hoax. Bertahun-tahun kemudian, dia mengakui rekaman tersebut hampir seluruhnya palsu. Namun demikian, Santilli bersikeras bahwa rekaman yang sebenarnya ada. Tetapi karena kondisinya tidak layak, dia terpaksa membuat ulang.

Di sisi lain, para kritikus mempertanyakan validitas berbagai saksi dan menunjukkan bahwa banyak klaim yang muncul selama bertahun-tahun datang dari orang yang mengaku teman dari teman, yang dianggap melihat sesuatu yang tidak biasa.

Roswell pusat UFO dunia

Benar atau tidaknya ada penemuan UFO pada insiden Roswell, hingga saat ini tidak terkonfirmasi secara pasti. Namun yang jelas, karena peristiwa ini, Roswell menjadi pusat UFO dunia.

Karena ketenarannya akan insiden Roswell, kota ini menjadi ground zero para pegiat konspirasi UFO. Setiap tahun pada peringatan peristiwa ini, ribuan penggemar berkumpul dalam sebuah festival UFO.

Roswell adalah kota yang akan selamanya dikaitkan dengan salah satu misteri terbesar sepanjang masa, dan kita mungkin tidak akan pernah benar-benar mencapai kesepakatan tentang kebenaran yang ada di luar sana. Insiden Roswell pun berulang kali diangkat ke dalam film fiksi ilmiah Hollywood.



Simak Video "Heboh Penampakan UFO, Militer AS Akan Sampaikan Laporan ke Kongres"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)