Awan Warna-warni Muncul di Mars

Awan Warna-warni Muncul di Mars

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 31 Mei 2021 05:45 WIB
Robot Curiosity, Curiosity
Foto: Dok. NASA/JPL-Caltech/MSSS
Jakarta -

Robot Curiosity NASA menangkap pemandangan eksotis di Mars, yaitu penampakan awan warna-warni. Kemunculan awan ini sungguh menarik dan misterius.

Dikutip dari Space.com, Curiosity mengambil kombinasi dari 21 foto untuk mempelajari jenis awan tipis aneh yang berada di atas Kawah Gale. Menurut para ilmuwan, awan ini muncul akhir Januari lalu tepatnya ketika Curiosity mengamati langit dan mulai mendokumentasikan awan tipis mengandung es yang menyebarkan sinar Matahari dalam tampilan berwarna-warni.

"Saya selalu mengagumi warna-warna yang muncul, seperti merah, hijau, biru, dan ungu. Keren sekali bisa melihat sesuatu yang bersinar dengan banyak warna di Mars," kata Mark Lemmon, ilmuwan atmosfer dari Space Science Institute di Colorado.

Anehnya, awan ini muncul lebih tinggi di atmosfer Mars daripada awan yang biasanya dilihat para ilmuwan di Planet Merah ini. Biasanya, jika awan melewati Curiosity, strukturnya penuh dengan es dan mengapung sekitar 60 km di atas permukaan Mars.

Para ahli menyebut, perbedaan itu mungkin mencerminkan komposisi yang berbeda, awan karbon dioksida beku atau es kering, meskipun mereka belum yakin dengan penjelasan itu.

Penampakan awan ini paling cantik terlihat setelah Matahari terbenam, ketika cahaya terakhir membuat kristal es bersinar, itulah sebabnya para ilmuwan menyebutnya noctilucent, atau bersinar di malam hari.

Beberapa dari awan ini bahkan tampak sedikit berwarna-warni ketika partikel awan berukuran sangat mirip, yang biasanya terjadi ketika awan baru saja terbentuk dan tumbuh dengan kecepatan yang sama.



Simak Video "Saat Phobos Si Bulan Mars Menutupi Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)