Menakjubkan! Foto Bumi yang Mirip Planet Mars

Menakjubkan! Foto Bumi yang Mirip Planet Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 05:40 WIB
Planet Bumi
Foto Planet Bumi mirip Mars. Foto: ESA
Jakarta -

Dilihat sekilas, foto ini menjepret Planet Mars karena warnanya yang dominan merah identik dengan permukaan planet tersebut. Akan tetapi sebenarnya, ini adalah foto Bumi, bukan Planet Merah.

Foto bersangkutan baru-baru ini diabadikan oleh astronaut Thomas Pasquet dari lembaga antariksa Eropa, European Space Agency, yang saat ini tengah berada di stasiun antariksa International Space Station (ISS).

"Tidak terlihat awan dan warna merah serta kuning tua membentang sampai horison. Saya pikir saya sedang mengorbit Planet Mars ketika melihat pemandangan ini," tulisnya seperti dikutip detikINET dari Science Alert, Rabu (26/5/2021).

Kenapa bisa pemandangan planet Bumi jadi merah seperti itu layaknya sedang melihat Planet Mars? Jawabannya karena yang dipotret oleh Pasquet adalah wilayah gurun dan dalam sudut pandang atau angle yang tepat sehingga warnanya merah.

Sayangnya, Pasquet tidak menyebutkan di wilayah Bumi mana pemandangan ini berada. Namun ada jajaran pegunungan warna hitam yang kemungkinan adalah pegunungan Tibesti, berlokasi di Chad dan Libya, Afrika bagian utara.

Pegunungan itu adalah bagian dari Gurun Sahara, padang pasir yang mencakup 31% dari seluruh daratan Afrika. Pasir di gurun Sahara sendiri warnanya orange.

Ada satu lagi penanda bahwa ini foto Bumi, yaitu penampakan atmosfer planet ini yang berwarna biru pada bagian atas, jauh lebih biru dibandingkan atmosfer tipis yang melingkupi Mars.

Thomas Pasquet sendiri sudah berada di ISS sejak bulan April silam dalam misi penelitian ESA. Ia sudah beberapa kali mengabadikan foto keindahan Bumi yang ia lihat di atas sana.



Simak Video "Saat Phobos Si Bulan Mars Menutupi Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)