Jeff Bezos Mulai Jualan Tiket Wisata Luar Angkasa

Jeff Bezos Mulai Jualan Tiket Wisata Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 01 Mei 2021 19:35 WIB
Founder, Chairman, CEO and President of Amazon Jeff Bezos poses with children from Club for the Future after his space company Blue Origins space exploration lunar lander rocket called Blue Moon was unveiled at an event in Washington, U.S., May 9, 2019. REUTERS/Clodagh Kilcoyne
Perusahaan Jeff Bezos Mulai Jual Tiket Wisata ke Luar Angkasa Foto: Reuters/Clodagh Kilcoyne
Jakarta -

Blue Origin, startup antariksa besutan Jeff Bezos, mulai membuka pendaftaran untuk pembelian tiket wisata ke luar angkasa. Wisata yang unik ini akan menggunakan sistem roket bernama New Shepard.

Sayangnya, dalam beberapa postingan di media sosial, Blue Origin tidak mengungkap harga tiket untuk membeli kursi di perjalanan ini.

Video singkat itu hanya mengatakan wisatawan yang berminat bisa mendaftarkan nama dan emailnya di situs Blue Origin dan akan mendapatkan detail lebih lengkapnya pada 5 Mei mendatang, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (1/5/2021).

Video tersebut juga memperlihatkan Bezos mengecek langsung kapsul New Shepard setelah uji terbang ke-15 di gurun Texas pada 14 April yang lalu. Dalam uji coba itu, kapsul New Shepard berhasil mendarat menggunakan parasut sambil membawa manekin bernama Mannequin Skywalker.

Blue Origin mengembangkan roket New Shepard khusus untuk wisata antariksa. Sistem roket dan kapsul ini tidak dirancang untuk terbang sampai ke orbit, melainkan batas antara atmosfer Bumi dengan luar angkasa yang dinamakan garis Karman.

Sistem New Shepard terdiri dari dua bagian yaitu kapsul berbentuk kubah di bagian atas, dan booster roket setinggi 18 meter yang bisa terbang ke luar angkasa dengan kecepatan hingga tiga kali kecepatan suara.

Kapsul ini dirancang untuk memisahkan diri dari roket saat sudah mendekati puncak penerbangannya. Setelah melepaskan diri, booster roket akan kembali ke Bumi agar bisa digunakan kembali, mirip seperti roket-roket buatan SpaceX.

Begitu sampai di ketinggian 106 km, kapsul akan menghabiskan waktu beberapa saat di kondisi gravitasi nol sebelum kembali ke Bumi menggunakan parasut.

Kapsul New Shepard dirancang untuk menampung enam penumpang sekaligus. Kapsul ini juga memiliki jendela besar di tiap sisinya yang dirancang untuk memberikan sudut pandang yang luas bagi para turis untuk menikmati pemandangan di luar angkasa.

Dalam uji coba terakhirnya, roket ini berhasil mencapai ketinggian lebih dari 340.000 kaki atau lebih dari 100 km. Kapsulnya yang memisahkan diri dengan roket menghabiskan 10 menit di kondisi gravitasi nol sebelum kembali ke Bumi.

Blue Origin bukan satu-satunya perusahaan yang mulai menawarkan tiket wisata ke luar angkasa. Virgin Galactic, perusahaan milik entrepreneur asal Inggris Richard Branson, adalah nama besar lainnya di dunia wisata antariksa yang menjadi penantang utama Blue Origin.

Hingga saat ini, Virgin Galactic sudah menjual tiket untuk 600 penumpang dengan harga antara USD 200.000 dan USD 250.000. Sebelumnya, Bezos pernah mengatakan harga tiket wisata Blue Origin tidak akan berbeda jauh dengan pesaingnya.



Simak Video "Persiapan Jeff Bezos Jelang Perjalanan ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)