Foto Permukaan Venus Jarak Dekat yang Disebut Mirip Neraka

Foto Permukaan Venus Jarak Dekat yang Disebut Mirip Neraka

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 30 Apr 2021 03:10 WIB
foto venus
Foto Venus dari peta radar, bukan kamera, dari misi NASA Magellan abad ke-21. Foto: NASA
Jakarta -

Gambaran Venus lebih sering digambarkan seperti neraka. Permukaan Venus adalah gurun tandus yang sangat panas hingga bisa melelehkan timah. Seperti apa penampakannya dari jarak dekat?

Berkat misi seperti Venera, kita jadi bisa tahu bagaimana kondisi permukaan planet tersebut. Venera adalah serangkaian satelit yang diluncurkan oleh Uni Soviet pada 1970-an hingga 1980-an untuk mempelajari lingkungan Venus. Dikutip dari Pop Science, satelit ini juga merupakan program yang bertujuan mendapatkan foto jarak dekat pertama permukaan planet selain Bumi.

Selama misi berlangsung, 13 probe berhasil mencapai Venus dan mengirimkan data tentang tetangga Bumi tersebut. Delapan di antaranya berhasil mendarat di permukaan, dan empat probe berhasil menangkap foto yang cukup luar biasa.

Venera 7, pesawat luar angkasa pengorbit pertama dengan pendarat di belakangnya, diluncurkan pada 17 Agustus 1970. Setelah empat bulan transit ke Venus, wahana pendaratan memisahkan pengorbit dan terjun ke atmosfer tebal Venus.

foto venusPemandangan dari Venera 9 (atas) dan Venera 10 (bawah). Foto: NASA

Atmosfer Venus cukup memperlambat pendarat pada 29 menit terakhir penurunannya. Pesawat itu berhasil mendarat, dan data ditransmisikan dari permukaan selama satu detik sebelum sinyal gagal. Namun analisis pasca-penerbangan dari sinyal radio yang direkam mengungkapkan bahwa wahana itu sebenarnya telah mentransmisikan data selama 23 menit sebelum menyerah dengan lingkungan Venus. Venera 8 mengikuti, diluncurkan pada 27 Maret 1972.

foto venusPemandangan dari kamera kiri di Venera 13. Foto: NASA
foto venusPemandangan dari kamera kanan di Venera 13. Foto: NASA

Selanjutnya, misi Venera 8 diluncurkan pada Maret 1972. Kali ini, probe tersebut sukses mencapai Venus dengan mulus dan mengirimkan data kembali ke Bumi selama 63 menit. Kemudian misi Venera 9 yang diluncurkan pada Juni 1975 menjadi misi pertama untuk mencoba mengambil gambar permukaan Venus. Kamera yang semula direncanakan mengambil gambar panorama 360 derajat, hanya mampu memotret 180 derajat.

foto venusPemandangan panorama diambil oleh Venera 13. Foto: NASA

Venera 10 mengikuti jejak Venera 9 yang mencapai permukaan pada Oktober di tahun yang sama. Lagi-lagi lensa hanya bisa merekam gambar panorama 180 derajat sebelum akhirnya tak berkutik setelah 65 menit berada di permukaan Venus. Misi tersebut berlanjut hingga akhirnya, Venera 14 bisa mengabadikan gambar panorama Venus secara utuh.

foto venusDan akhirnya, tampilan penuh dari Venera 14. Foto: NASA

Bagaimanapun, kerja keras tersebut menghasilkan gambar yang berguna untuk penelitian planet yang dulunya disebut sebagai kembaran Bumi ini. NASA kemudian membuat gambar Venus dari peta radar, dari misi NASA Magellan abad ke-21. Dan gambar Venus jarak dekat dari misi Venera pun dipoles kembali agar bisa dilihat oleh generasi berikutnya.

Foto permukaan Venus mungkin tidak semenarik pemandangan Mars. Tetapi jika mengingat betapa panas planet ini, ditambah lagi tekanan atmosfernya 92 kali lipat dari di Bumi, tak mudah untuk bertahan demi mengambil gambar. Foto-foto Venus pun menjadi harta tak ternilai untuk pengetahuan.



Simak Video "Ilmuwan Mendeteksi Permukaan Venus Bergerak Seperti Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)