Heboh Penampakan Pelangi di Mars, Ini Kata NASA

Heboh Penampakan Pelangi di Mars, Ini Kata NASA

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 10 Apr 2021 09:35 WIB
Penampakan pelangi di Mars
Penampakan seolah ada pelangi di Planet Mars. Foto: NASA
Jakarta -

Rover robotika Perseverance yang saat ini tengah meneliti Planet Mars mengirimkan banyak foto dari sana. Salah satunya seperti menampakkan ada pelangi di Planet Merah itu sehingga menimbulkan kehebohan.

Foto tersebut memperlihatkan permukaan Mars yang gersang dan di atasnya adalah langit. Nah di langit itu, ada obyek melengkung yang sangat mirip dengan pelangi. Foto ini menyebar di media sosial dan langsung ramai diperbincangkan.

Padahal pelangi tidak mungkin ada di Mars karena tidak ada butiran air hujan di sana, tak seperti di Bumi. Lalu penampakan apa itu sebenarnya? Netizen ramai mengutarakan teori. Mungkin saja obyek itu muncul karena partikel debu di udara Mars.

NASA sepertinya memperhatikan keramaian tersebut sehingga mengutarakan jawaban atas misteri ini. Lembaga antariksa Amerika Serikat itu memastikan apa yang tampak dari rekaman foto Perseverance bukanlah pelangi seperti di Bumi.

Rupanya, pelangi ini muncul akibat lens flare atau pijar lensa yang berasal dari sistem kamera Perseverance yang dinamakan sebagai Hazcams.

"Banyak yang bertanya apakah ada pelangi di Mars? Tidak ada. Pelangi tidak mungkin ada di sana. Pelangi diciptakan oleh cahaya yang direfleksikan butiran air," sebut NASA.

"Akan tetapi tidak ada cukup air di Mars untuk kondensasi dan terlalu dingin untuk keberadaan air cair di atmosfernya, sehingga ini adalah lens flare, bukan pelangi." tambah mereka seperti dikutip detikINET dari Space.com.

Pijar lensa (Lens flare) adalah cahaya yang tercecer dalam sistem lensa optik yang umumnya muncul akibat mekanisme pembentukan citra yang tidak diinginkan, misalnya akibat pantulan internal, maupun materi lensa yang kurang homogen.



Simak Video "Sekolah Kayu Gantong Yang Menghasilkan Tokoh Insipirasi Bangsa dari Manggar Belitung TImur"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)