Robot Perseverance Selfie Bareng Helikopter di Planet Mars

Robot Perseverance Selfie Bareng Helikopter di Planet Mars

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 10:15 WIB
Perseverance dan Ingenuity
Robot Perseverance Pamer Selfie Pertama di Mars bareng Ingenuity. Foto: NASA
Jakarta -

NASA membagikan foto selfie pertama robot penjelajah luar angkasa Perseverance di Mars. Foto ini juga menampilkan helikopter Ingenuity.

Perseverance yang tiba di Mars 18 Februari 2021 bersama Ingenuity melekat di bagian perutnya, baru-baru ini mendaratkan helikopter tersebut ke permukaan Mars. Dalam waktu dekat, Ingenuity akan menjadi pesawat pertama yang melakukan penerbangan di planet lain.

Dikutip dari Digital Trends, foto selfie Perseverance bersama Ingenuity ini diambil pada 6 April. Pada foto, terlihat bahwa kedua mesin terpisah sekitar 3,9 meter. Kita juga bisa lihat ada bekas jejak roda Perseverance pada permukaan tanah.

Selain foto di atas, NASA juga memposting versi animasi (pada tweet di bawah ini) yang menunjukkan SuperCam Perseverance mengarah ke Ingenuity lalul kepada dirinya sendiri untuk mengambil foto selfie.




Gambar tersebut dibuat dari 62 foto yang diambil oleh kamera WATSON (Wide Angle Topographic Sensor for Operations and eNgineering) milik Perseverance pada kamera SHERLOC (Scanning Habitable Environments with Raman and Luminescence for Organics and Chemicals) yang terletak di ujung lengan robotik Perseverance. Perangkat ini seolah punya tongkat selfie berteknologi tinggi.

Gambar-gambar itu digabungkan setelah dikirimkan kembali ke Bumi. Kombinasi foto memungkinkan NASA membuat hasil gambar akhirnya sedemikian rupa, sehingga kamera yang mengambil gambar seolah-olah terlepas dari lengan Perseverance, tanpa terlihat tongkat selfie. NASA juga memposting video yang menunjukkan proses tersebut di channel YouTube-nya.

[Gambas:Youtube]



"Foto diambil secara berurutan saat rover sedang melihat helikopter, kemudian saat melihat kamera WATSON. Robot penjelajah sebelumnya, Curiosity, yang mencapai Mars pada tahun 2012, mengambil 'foto narsis' serupa menggunakan kamera yang terpasang di lengan robotiknya," kata NASA.

Selain mengirimkan gambar-gambar luar biasa dari planet yang jauh, Perseverance bersama Ingenuity akan menghabiskan waktunya untuk mencari tanda-tanda kehidupan purba dalam misinya yang akan berlangsung dua tahun.

Perserverance yang merupakan robot penjelajah paling canggih milik NASA saat ini, dilengkapi dengan lebih dari 20 kamera untuk pengambilan gambar dan keperluan penelitian ilmiah.

(rns/rns)