Helikopter Pertama di Mars Mendarat Mulus dan Siap Terbang

Helikopter Pertama di Mars Mendarat Mulus dan Siap Terbang

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 17:30 WIB
Jakarta -

Ingenuity, helikopter pertama di Mars, berhasil mendarat dengan mulus di permukaan Planet Merah tersebut.

Dikutip dari Space.com, helikopter milik NASA tersebut mendarat di permukaan Mars dengan cara dijatuhkan oleh kapal induknya, robot penjelajah Perseverance. Adapun penerbangan pertama helikopter dijadwalkan berlangsung seminggu lagi.

"Pendaratan #MarsHelicopter dikonfirmasi! Perjalanan 471 juta kilometer di atas @NASAPersevere berakhir dengan penurunan setinggi 10 cm dari perut Perseverance ke permukaan Mars hari ini," kata akun Twitter Jet Propulsion Laboratory NASA.

Ingenuity adalah helikopter kecil seberat 1,8 kilogram bertenaga surya yang mengandalkan baterai isi ulang untuk menjaga sistemnya tetap hangat selama menjelajahi kondisi malam Mars yang keras.

Sebelum mendarat, Ingenuity bersemayam di perut Perseverance sekaligus membuat roobot penjelajah tersebut tetap hangat. Saat ini, helikopter tersebut menggunakan baterai internal untuk menyalakan pemanas vital di dalam tubuhnya.

"Pemanas ini menjaga interior Ingenuity agar bisa melawan dinginnya malam di Mars yang suhunya bisa turun hingga minus 90 derajat Celcius. Pemanas ini juga sekaligus melindungi komponen utama seperti baterai dan beberapa elektronik sensitif dari bahaya suhu yang sangat dingin," kata Bob Balaram dari NASA, kepala teknisi proyek Helikopter Mars.

Ingenuity dijadwalkan melakukan penerbangan pertamanya pada 11 April, dan data dari penerbangan tersebut diharapkan bisa tiba ke Bumi keesokan harinya di tanggal 12 April.

Untuk diketahui, drone senilai USD 85 juta ini menjadi helikopter pertama yang dikirim ke luar angkasa dan dirancang untuk menguji teknologi kendaraan terbang masa depan di planet lain, salah satunya Mars. Ingenuity dibekali dua kamera untuk mendokumentasikan penerbangannya, yang juga akan diamati oleh rover Perseverance.

(rns/rns)