NASA Rakit Pesawat Buat Sambangi Asteroid Paling Berharga

NASA Rakit Pesawat Buat Sambangi Asteroid Paling Berharga

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 22:35 WIB
Pesawat asteroid Psyche 16
Perakitan pesawat untuk menyambangi asteroid Psyche 16. Foto: NASA
California -

NASA secara resmi memulai perakitan pesawat yang dinamakan Psyche. Pesawat itu akan menyambangi asteroid dengan nama yang sama, 16 Pshyce, yang diyakini sebagai batu angkasa paling berharga sejauh ini.

Asteroid Psyche dipercaya bernilai sekitar USD 10 quintillion. Kenapa bisa begitu berharga? 16 Psyche ini rupanya sangat kaya besi dan nikel. Ia berada di sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter. Dengan diameter sekitar 226 kilometer, bisa jadi asteroid ini adalah planet mati yang kehilangan lapisan luarnya.

NASA ingin tahu seperti apa permukaannya, seberapa tua usianya dan membuktikan apakah benar 16 Psyche adalah inti planet awal dan apakah inti itu mirip dengan inti Bumi.

Dikutip detikINET dari Independent, NASA memajang foto dan video pesawat itu dirakit di Propulsion Laboratory in Southern California. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar setahun dan akan diantarkan ke landasan roket Cape Canaveral di Florida, di mana jadwal peluncurannya adalah Agustus 2022.

Kerangka pesawat itu dinamakan Solar Electric Propulsion (SEP) yang menjadi komponen kuncinya. Besarnya seukuran mobil van, dengan dua antena raksasa serta berbagai instrumen penelitian.

"Saya sangat bangga dengan tim ini. Kami mampu mendesain pesawat itu untuk perjalanan sangat jauh ke asteroid dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan tim dalam pandemi global saat ini," kata Steven Scott, manajer Maxar Technologies sebagai salah satu pembuatnya.

Untuk mencapai asteroid Psyche 16, pesawat ini akan menempuh jarak sekitar 179,5 juta kilometer. Ia akan meneliti selama 21 bulan. Asteroid itu besarnya sekitar seperempat negeri Inggris, menjadi salah satu asteroid terbesar di sabuk asteroid.

Walaupun sangat berharga, menambang asteroid adalah perkara sulit yang mungkin belum dapat dilakukan dengan teknologi sekarang. Lagipula jika materialnya itu diangkut ke Bumi, bisa jadi nilainya malah anjlok karena pasokan yang berlebihan. Jadi target NASA baru untuk menelitinya.



Simak Video "NASA Akan Membawa Asteroid ke Bumi untuk Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)