Suara Gemuruh Misterius Terdengar di Planet Mars!

Suara Gemuruh Misterius Terdengar di Planet Mars!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 05:45 WIB
Permukaan es di bagian Utara Mars
Permukaan Planet Mars. Foto: NASA/JPL-Caltech/MSSS
Jakarta -

NASA melaporkan suara gemuruh misterius dari kedalaman Planet Mars terdeteksi oleh InSight, salah satu robot rover yang saat ini tengah meneliti planet tersebut. Suara apakah itu?

Kemungkinan besar telah terjadi gempa di NASA atau sering disebut sebagai Marsquakes. Seperti dikutip detikINET dari Futurism, Kamis (8/4/2021) InSight mencatat magnitudo 3.3 dan 3.1 di area Cerberus Fossae. InSight sebelumnya juga merekam dua getaran sejenis di area yang sama.

Namun demikian, bagaimana terjadinya gempa itu masih merupakan misteri. Periset meyakini ada peristiwa seismik yang mungkin disebabkan terlontarnya energi yang tiba-tiba dari dalam Planet Mars.

Namun Mars disebut tidak punya sistem tektonik aktif seperti di Bumi yang menyebabkan gempa. Teori yang dikemukakan misalnya bahwa air bawah tanah beku di kedalaman Mars menciptakan tekanan ke permukaan Mars.

"Dalam perjalanan misi ini, kami melihat dua tipe berbeda Marsquakes, satu tipe yang seperti di Bulan dan yang tipe lainnya lebih seperti di Bumi," cetus Taichi Kawamura, ilmuwan di France's Institut de Physique du Globe de Paris.

Menurut NASA, gempa seperti di Bumi punya semacam gelombang yang melintasi seluruh planet. Sedangkan gempa seperti di Bulan lebih terpecah-pecah.

"Nah yang menarik adalah semua gempa besar yang jumlahnya 4 itu, yang datang dari Cerberus Fossae, semuanya mirip seperti di Bumi," tambah Taichi.

Ilmuwan sudah memprediksi bahwa pada saat ini, lander itu punya kesempatan terbaik mendeteksi Marsquakes lantaran situasi angin di Mars sedang lebih tenang. InSight punya alat seismometer yang sangat sensitif, disebut sebagai Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS).



Simak Video "Suara Angin yang Terekam dari Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)