Keajaiban Bulan Purnama Bantu Evakuasi Kapal di Terusan Suez

Keajaiban Bulan Purnama Bantu Evakuasi Kapal di Terusan Suez

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 31 Mar 2021 18:00 WIB
In this photo released by Suez Canal Authority, the Ever Given, a Panama-flagged cargo ship is accompanied by Suez Canal tugboats as it moves in the Suez Canal, Egypt, Monday, March 29, 2021. Salvage teams on Monday set free a colossal container ship that has halted global trade through the Suez Canal, bringing an end to a crisis that for nearly a week had clogged one of the worlds most vital maritime arteries. (Suez Canal Authority via AP)
Bulan Purnama Bantu Evakuasi Kapal Kandas di Terusan Suez Foto: Suez Canal Authority via AP
Jakarta -

Kapal Ever Given yang kandas di Terusan Suez selama hampir satu minggu akhirnya berhasil bebas. Siapa sangka bulan purnama ikut berkontribusi dalam proses evakuasi ini.

Seperti diketahui, Terusan Suez mengalami pasang surut seperti permukaan air pada umumnya. Pasang surut mencapai kondisi paling ekstrem saat Bumi sejajar dengan matahari dan Bulan, dua objek yang menyebabkan tarikan gravitasi di planet kita.

Ketika ada bulan purnama, atau bulan berada di fase baru, tarikan gravitasinya menambah tarikan gravitasi matahari sehingga pasang naik dan surut menjadi lebih dramatis.

Kebetulan, pada 28 Maret yang lalu muncul bulan purnama. Tidak hanya itu, posisi Bulan juga berada relatif dekat dengan Bumi dalam orbitnya, dan akan mencapai titik terdekatnya atau perigee pada Selasa (30/3).

Ketika Bulan dan matahari sejajar, seperti kasus bulan purnama akhir pekan lalu, kombinasi tarikan gravitasinya menyebabkan pasang naik yang sangat tinggi, yang dikenal sebagai Spring Tides, seperti dikutip dari Space, Rabu (31/3/2021).

Berdasarkan data National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pasang naik terjadi dalam selang 12 jam dan 25 menit. Jadi dibutuhkan waktu enam jam dan 12,5 menit untuk air di pesisir mengalir dari tinggi ke rendah, atau rendah ke tinggi.

Ini memberikan rentang waktu yang bisa dimanfaatkan tim evakuasi Ever Given. Karena faktor-faktor alam ini, tinggi permukaan air di Terusan Suez jadi 46 cm lebih tinggi dari biasanya.

"Kami sangat terbantu oleh gelombang pasang kuat yang kami alami sore ini," kata Peter Berdowski, CEO Boskalis, perusahaan yang mengevakuasi Ever Given.

"Akibatnya, anda memiliki kekuatan alam yang mendorong dengan kuat, dan kekuatan itu mendorong lebih kuat daripada yang bisa ditarik oleh dua kapal tunda," tambahnya.

Setelah kapal Ever Given berhasil dievakuasi, lalu lintas perairan di Terusan Suez kembali dibuka. Sementara itu kapal yang membawa lebih dari 18.000 kontainer ini dibawa ke lokasi lain untuk dilakukan pemeriksaan.



Simak Video "Detik-detik Kapal Ever Given Dievakuasi dari Terusan Suez"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)