Satelit Potret Kapal Raksasa Nyangkut di Terusan Suez

Satelit Potret Kapal Raksasa Nyangkut di Terusan Suez

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 27 Mar 2021 12:16 WIB
Terusan Suez Macet, Penyebabnya Kapal Kontainer Kandas
Foto: Associated Press
Jakarta -

Lalu lintas kapal di Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Tengah di Mesir, macet total. Gara-garanya kapal kargo raksasa nyangkut di Terusan Suez dan kejadian itu terpotret oleh satelit antariksa.

Satelit mini Dove milik Planet Labs yang bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat, memotret ketika kapal bernama Ever Given itu kandas di Terusan Suez, seperti dikutip dari Space, Sabtu (27/3/2021).

Tampak dari ketinggian, kapal dengan panjang 400 meter dengan bobot 200 ribu ton tersebut menutup penuh jalur di Terusan Suez. Ever Given harus kandas setelah diterjang angin kencang dan badai pasir di wilayah tersebut.



Para pihak yang terlibat dalam 'pembebasan' Ever Given ini terus bekerja keras untuk memindahkannya. Dikabarkan perlu waktu hingga berminggu-minggu lamanya untuk membuka blokade tersebut hingga lalu lintas kapal normal kembali.

Dampak panjang akibat Ever Given nyangkut di Terusan Suez ini, membuat lebih dari 150 kapal yang seharusnya menyebrangi Terusan Suez, namun terhenti di perairan Laut Merah.

Secara materil, macet total di Terusan Suez tersebut diperkirakan bisa menelan kerugian hingga USD3 miliar atau setara Rp43 triliun per harinya.

Selain Planet Labs, peristiwa Ever Given yang nyangkut di Terusan Suez itu juga berhasil diabadikan oleh satelit observasi Bumi kepunyaan Airbus, yakni Pleiades. Hanya saja foto yang dihasilkan Pleiades ini lebih dekat jaraknya dibandingkan foto dari satelit Dove.



Simak Video "Dalam 3 Hari, Ditargetkan Tak Ada Lagi Kemacetan di Terusan Suez"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)