Ilmuwan Ungkap Misteri Komputer Berusia 2.000 Tahun

Ilmuwan Ungkap Misteri Komputer Berusia 2.000 Tahun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 06:51 WIB
Antikythera Mechanism
Antikythera Mechanism. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Perangkat bernama Antikythera Mechanism diperkirakan oleh ilmuwan berusia 2.000 tahun dan sering disebut sebagai komputer tertua di dunia. Riset terkini menyibak lebih jelas misterinya, terutama bagaimana wujud utuhnya.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Selasa (16/3/2021), benda terbuat dari perunggu itu ditemukan di bangkai kapal dari zaman kuno pada tahun 1901 di Yunani. Sejak itulah, para ilmuwan terkait kebingungan tentang fungsi benda ini.

Dipergunakan memakai tangan, ada yang menduga ia digunakan untuk memprediksi gerhana atau peristiwa astronomi lain. Sayangnya, hanya sepertiga dari komputer zaman kuno tersebut yang tersisa sehingga seperti apa bentuk utuhnya bikin penasaran.

Mekanisme bagian belakangnya sudah diketahui, namun sistem kompleks pada bagian depan masih misteri. Nah, ilmuwan University College London (UCL) dalam riset terbaru meyakini telah dapat menggambarkan bentuknya seutuhnya dan secara detail.

Menggunakan permodelan komputer 3 dimensi, mereka telah menggambar seluruh panel depan Antikythera Mechanism. Bahkan nantinya, diharapkan bisa dibuat replikanya dalam skala penuh dengan menggunakan material modern.

Antikythera MechanismPermodelan utuh Antikythera Mechanism. Foto: University College London

"Matahari, Bulan dan planet-planet ditampilkannya dalam kebrilianan Yunani kuno. Model kami ini adalah yang pertama menyesuaikan seluruh bukti fisik dan cocok dengan deskripsi yang terukir di mekanismenya," kata para peneliti itu.

Akan tetapi tetap ada beberapa misterinya yang belum dapat terkuak. Misalnya apakah Antikythera Mechanism hanyalah semacam mainan, untuk belajar atau ada tujuan lain dari pembuatannya. Ada pula pertanyaan lain, jika orang Yunani kuno bisa membuat benda sebaik ini, kenapa tidak ditemukan perangkat sejenis dari zaman yang sama, yang diciptakan dengan pengetahuan itu?



Simak Video "BMKG Akan Tingkatkan Super Komputer Sistem Peringatan Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)